oleh

Terpeleset Ketika Melaut, Seorang Nelayan Pati Hilang di Perairan Pantai Utara

Pati, Mitrapost.com – Seorang nelayan Pati kembali hilang ketika melaut di perairan Pantai Utara (Pantura) Jawa. Tepatnya di perairan Kecamatan Dukuhseti, Kabupaten Pati.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pati, Martinus Budi Prasetya, mengatakan kejadian ini dilaporkan kepada pihaknya oleh Relawan Tunggul Wulung.

Baca juga: Tingkatkan Skill Nelayan, Dinas Kelautan Rembang Fokuskan Pemberdayaan

“Saya dilapori oleh Ketua Relawan Tunggul Wulung (Ali Mas’adi) yang posisinya di Banyutowo Dukuhseti,” ujar Martinus kepada Mitrapost.com, Senin (18/1/2021).

Dalam laporan itu, diterangkan pada Minggu (17/1/2021) sekitar pukul 14.00 WIB, Perahu Arto Moro pergi melaut dengan tiga anak buah kapal (ABK). Yakni, Gusno dan Supar dari Desa Grogolan, Kecamatan Dukuhseti serta Baidi dari Desa Alasdowo, Kecamatan Dukuhseti.

Baca juga: Antisipasi Laka Laut, Nelayan Jepara Diimbau Melengkapi Kapal dengan Radio Maritim

Perahu milik Sutarno alias Nawe warga Desa Banyutowo ini berlayar hingga kejauhan mil 23 mil dari  darat. Di posisi itu, mereka yang mengunakan alat tangkap jaring jaring putih atau jaring ser.

“Setelah tebar jaring dan menarik atau ngambat jareng atau liyer jaring, saudara Gusno terpleset dan terjatuh di laut,” kata Ali Mas’adi ketika dihubungi terpisah.

Hal ini membuat para teman-teman berusaha menolong, namun mereka belum berhasil.

Baca juga: Hadapi Pandemi dan Cuaca Buruk, Begini Harapan Nelayan Rembang

“Saat ini pencarian dilakukan para nelayan ada beberapa prau yg menyusul ke tengah arah timurnya mandalika dan saat ini saksi blm bisa di mintai keterangan karen masih ikut pencarian,” tandasnya.

Kejadian hilangnya nelayan ini tidak hanya sekali ini, sebelumnya seorang nelayan yang juga warga Kabupaten Pati hilang lantaran terkena kapal yang ditumpanginya hancur ditabrak kapal dagang. Pada Jumat (15/1/2021) pencarian dihentikan karena sudah 7 hari pencarian tidak membuahkan hasil. (*)

Baca juga: 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Atik Zuliati

 

 

Tentang Penulis: Umar Hanafi

Gambar Gravatar
Wartawan

Berita Terkait