oleh

Dewan Minta Tapem Sekda Pati Fokus ke Pilkades 2021

Pati, Mitrapost.com – Kabupaten Pati akan adakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) 2021 serentak pada 10 April mendatang. Sebanyak 219 desa dari 21 kecamatan diketahui akan berpartisipasi dalam agenda besar Kabupaten Pati ini.

Anggota Komisi A Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati, Warsiti mengimbau pihak Tata Pemerintahan Sekda Pati untuk mempersiapkan regulasi Pilkades serentak.

BPKAD Pati

Baca juga: Dewan Pati Apresiasi Langkah Dinkop UMKM Galakkan Digitalisasi Produk

“Jadi menekankan pihak Tapem agar benar-benar konsen dalam mempersiapkan segala sesuatunya,” kata Anggota DPRD Pati yang juga Politisi di Partai Hanura itu.

Warsiti juga mengatakan, bulan April mendatang pandemi Covid-19 diprediksi masih akan ada, bila diperlukan Tapem Sekda Pati harus membuat regulasi tambahan untuk menjaga kesehatan pemilih.

Baca juga: Petani Kesulitan Akses Kartu Tani, Dewan Pati Minta Penyuluh Jembatani

“Kalo emang dipandang perlu mengingat masa pandemi ya kemungkinan harus ada aturan khusus,” katanya.

Pilkades 2021 mendatang memuat aturan baru, membatasi calon Kades minimal 2 calon dan maksimal 5 calin per desa. Bagi desa yang mempunyai lebih dari 5 calon akan dikenakan tes tertulis untuk eliminasi.

Baca juga: PTSL 2021 Targetkan 73 Ribu Bidang Tanah Tersertifikat, Dewan Pati: Prioritas Desa

Sabtu (9/1) kemarin, untuk mengetahui persiapan Pilkades serentak 2021, Komisi A DPRD mengundang Camat, OPD terkait serta perwakilan Pasiepati (Persatuan Solidaritas Kepala Desa Kabupaten Pati) dalam rapat kerja, Komisi A DPRD Pati.

Selain sosialisasikan wacana Pilkades 10 April 2021, rapat ini juga mengkaji Peraturan Bupati (Perbub) No 88 tahun 2020 untuk mengantisipasi terjadinya penolakan kepala desa.

Pilkades tahun ini juga mengacu pada edaran baru dari Permendagri no 72 tahun 2020 yang berisi setiap tahapan Pilkades harus patuhi protokol kesehatan untuk mengurangi risiko penularan virus Covid-19 di lingkungan tempat pemilihan.(Adv/MA/AZ/SHT)

Baca juga: 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Atik Zuliati

 

Tentang Penulis: Moh. Anwar

Gambar Gravatar
Wartawan Area Kabupaten Pati

Berita Terkait