Akselerasi Vaksinasi Covid-19, Jateng Targetkan Akhir Januari Rampung

Semarang, Mitrapost.com Percepatan vaksinasi Covid-19 yang diinstruksikan oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, mendapatkan respons cepat oleh sejumlah fasilitas kesehatan di wilayah Semarang.

RSUD Tugurejo Semarang dan RSUP Kariadi meningkatkan kuota layanan vaksinasi bagi tenaga kesehatan (nakes) menjadi 300-400 orang per hari.

Direktur Utama Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tugurejo Hariyadi Ibnu Junaedi mengatakan, percepatan vaksinasi dilakukan begitu ada perintah dari Gubernur Jawa Tengah. Data yang didapat per Jumat (22/1/2021)  sudah 862 dari 1.290 nakes yang divaksin Covid-19 buatan Sinovac.

“Hingga hari ini yang hadir ada 951 orang, yang divaksin 862 orang, kemudian yang ditunda 89 orang,” ujar Haryadi.

Baca Juga :   Video : Endro Berkomitmen Perjuangkan Pekerja Migran Indonesia agar Dapatkan Vaksin Covid-19

Baca juga: Targetkan Vaksinasi Nakes Kelar Februari, Ganjar Minta Ada Percepatan

Haryadi menyebut, sebelum akselerasi vaksinasi, dalam satu hari maksimal hanya melayani 45 suntik vaksin. Setelah ada arahan dari gubernur, setiap hari ditargetkan 500 suntik vaksin.

“Kalau sebelum ada percepatan, sesuai juklak dari Kemenkes, sehari ada tiga sesi, masing-masing 15 orang. Hingga Selasa (19/1/2021) ada 196 orang. Setelahnya di hari Rabu, target kami sampai 500 orang,” jelasnya.

Pihaknya juga telah menyiapkan 10 vaksinatot untuk mengakselerasi proses vaksinasi. Lima di antaranya melayani perempuan, sisanya melayani laki-laki.

Ditambahkan, untuk jumlah KIPI (Kejadian Ikutan Pascaimunisasi) sebanyak 22 orang, namun hanya merasakan gejala ringan. Sedangkan, mereka yang tidak hadir dalam vaksinasi akan dijadwalkan ulang, termasuk yang ditunda.

Baca Juga :   Nakes Kabupaten Pati Harapkan dapat Kemudahan Pencairan Insentif

“Tidak ada kendala (vaksinator). Hal yang tak berat, nyuntik itu biasa. Era saya dulu kerja di Puskesmas, kalau praktik pasien tidak disuntik ya tidak marem (puas),”  sambungnya.

Baca juga: Menkes Budi: Testing Salah Sasaran hingga Kapok Pakai Data Kementerian

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati