Sejak Zaman Penjajahan Belanda, Kopi Luwak Masih Terkenal Mahal Hingga Kini

Mitrapost.com Kopi luwak terkenal sebagai kopi dengan harga fantastis serta perolehan biji yang eksotis. Bagaimana tidak, kopi luwak ini berasal dari biji kopi yang diperoleh dari sisa feses luwak liar yang kemudian dibersihkan. Kopi luwak terkenal memiliki cita rasa berbeda karena prosesnya yang berbeda pula.

Budi daya kopi luwak bermula pada awal abad ke-18 di era tanam paksa atau cultuurstelsel (1830-1870. Pada masa itu Belanda melarang pekerja perkebunan pribumi memetik buah kopi untuk konsumsi pribadi.

Namun, tak kurang akal para pribumi yang mengetahui ada sejenis musang yang suka memakan buah kopi namun hanya daging buahnya yang dicerna. Sementara biji kopi dan kulit ari masih bisa ditemukan melalui kotoran luwak. Para pribumi memunguti biji kopi itu kemudian dicuci dan diolah sebagaimana pembuatan kopi pada umumnya.

Baca Juga :   Kemenpora Gali Potensi Kopi Bersama Para Pemuda Kreatif

Baca juga: Kopi Pati Masuk Kancah Nasional

Belanda yang mengetahui hal tersebut pun tertarik. Hingga akhirnya kopi luwak menjadi minuman kegemaran orang kaya Belanda. Hingga saat ini pun kopi luwak menjadi kopi dengan daya jual mahal.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati