Langkanya Kontainer Kosong Sebabkan Sirkulasi Ekspor Impor Kacau

Pati, Mitrapost.com – Anggota Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati, Narso mengimbau para pengusaha bersabar terhadap efek global pandemi Covid-19.

Anggota Dewan yang juga politisi dari PKS itu menjelaskan, sulitnya ekspor impor saat ini bukan lantaran harga tukar dolar terhadap rupiah yang tinggi, melainkan terjadinya kelangkaan kontainer kosong untuk kebutuhan ekspor selama masa pandemi.

“Untuk saat ini biaya export dan impor mahal karena leberadaan box kontainer tidak seperti biasanya. Sehingga pertukaran barang antar negara semakin mahal. Container dulu ketika normal tersedia expor impor juga normal,”kata Narso kepada Mitrapost saat dimintai pendapat, Selasa (26/1/2021).

Baca juga: Video : Dewan Pati Minta Satpol PP Tegas Menindak Bagi Pelanggar PPKM

Baca Juga :   Dewan Pati Berharap Pemkab Lakukan Rapid Test ke Seluruh Masyarakat

Menipisnya pasokan kontainer pengangkut barang di pelabuhan dalam negeri diketahui menyebabkan lambanya pengiriman dan naiknya ongkos kirim.

“Sekarang kalau mau expor impor harus mendatangkan container kosong, sehingga biaya shiping cost mahal,” katanya

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati