Serapan Dana Desa 2021 di Pati Tak Prioritaskan Pembangunan Fisik

Pati, Mitrapost.com Kepala Bidang Pembangunan Desa, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dispermades) Kabupaten Pati, Indah Febriana mengungkapkan alokasi dana desa tahun ini masih diprioritaskan untuk pengadaan bantuan langsung tunai (BLT).

Indah mengatakan pagi dana desa Pati pada tahun 2021 sebesar Rp426.380.834.000. Jumlah tersebut dialokasikan dengan nominal berbeda ke masing-masing desa.

Alokasinya berdasarkan 4 komponen indikator diantaranya alokasi dasar, alokasi formula, alokasi kinerja, dan alokasi afirmasi.

Baca juga: Banyak Angka Stunting di Pati, Dana Desa Bisa Digunakan untuk Penanganan

Selain untuk BLT, lanjut Indah, dana desa juga wajib digunakan untuk meng-cover kebutuhan pencegahan stunting, penanganan Covid-19, dan padat karya tunai. Sedangkan untuk pembangunan fisik bisa dilakukan setelah 4 prioritas tersebut ditunaikan.

Baca Juga :   Pemkab Pati Naikkan Target Retribusi TPI pada 2021

“Padat karya tunai merupakan prioritas untuk mencetak tenaga kerja desa. Khususnya masyarakat ekonomi terdampak. Kegiatan bersifat fisik bukan prioritas,” jelas Indah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati