oleh

Selewengkan 160 Sak Pupuk Subsidi, Pelaku Dibekuk Polres Blora

Blora, Mitrapost.com Kepolisian Resor Kabupaten Blora mengamankan pelaku penyelewengan distribusi pupuk bersubsidi pemerintah untuk sektor pertanian. Pelaku diamankan pada Rabu (27/1/2021) Jalan Desa Bangkleyan Kecamatan Jati.

Berdasarkan info yang dihimpun dari keterangan Polres, pelaku berniat menjual pupuk bersubsidi sebanyak 160 karung atau seberat 8 ton.

Pada hari Rabu tanggal 27 Januari 2021 sekira pukul 04:00 WIB, telah Terjadi Tindak Pidana  Penyalahgunaan Pendistribusian atau penyaluran pupuk bersubsidi pemerintah untuk sektor pertanian, yaitu menjual pupuk bersubsidi di luar peruntukannya.

Kejadian tindak pidana tersebut dikonfirmasi oleh Kapolres Blora AKBP Wiraga Dimas Tama dalam rilis kasus yang rencananya digelar pada Kamis (28/1/2021).

Baca juga: Petani Bisa Tuntut Distributor, Jika Tidak Mendapatkan Alokasi Pupuk Subsidi

Kronologi pengamanan pelaku berawal dari pelapor bersama dua saksi yang sebelumnya menerima informasi tentang adanya penyalahgunaan pengadaan dan penyaluran serta pengangkutan pupuk bersubsidi di wilayah Kecamatan Jati, Kabupaten Blora pada Rabu (27/1/2021) sekira pukul 04.00 dini hari.

Tepatnya di Jalan Desa Bangkleyan, pelapor dan dua saksi mendapati dua truk yang diduga memiliki muatan mencurigakan yang ditutupi terpal.

KBM truk yang bernomor polisi M 8041 UP kemudian dihentikan untuk pengecekan. Hasilnya, truk Mitsubishi tersebut terbukti memiliki muatan pupuk bersubsidi pemerintah yang disalahgunakan pengadaan dan penyalurannya dalam sektor pertanian.

Baca juga: Buat RDKK Fiktif, 2 Tersangka Korupsi Pupuk Subsidi Kini Mendekam di Penjara

Truk tersebut diketahui memiliki muatan 160 karung pupuk jenis ZA bersubsidi. Sopir dan kernet beserta barang bukti tersebut kemudian dibawa ke Polres Blora untuk diperiksa lebih lanjut.

Selanjutnya pelapor bersama saksi 1 (satu) dan 2 (dua) mengamankan sopir beserta kerney dan 1 (satu) unit Kbm truk serta 160 (seratus enam puluh) sak/karung pupuk jenis ZA Bersubsidi ke Polres Blora, guna dilakukan proses pemeriksaan dan penyelidikan lebih lanjut. (*)

Baca juga: Pupuk Langka, Pemerintah Pusat Setujui Penambahan Alokasi di Jateng

 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur : Ulfa PS

Tentang Penulis: Redaksi

Gambar Gravatar
Redaksi Mitrapost.com

Berita Terkait