Bersaing dengan Sayuran Impor, Narso Minta Masyarakat Beli Komoditas Lokal

Pati, Mitrapost.com Anggota Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati, Narso, mengampanyekan konsumsi produk sayur lokal di masa pandemi.

Konsumsi sayur lokal dianggap penting karena di lapangan, kesejahteraan ekonomi tak sepenuhnya dirasakan oleh petani di desa-desa. Padahal sektor pertanian di gadang-gadang tidak terdampak pandemi dan mampu menyokong perekonomian nasional.

Kebijakan PSBB dan PPKM cukum menghambat distribusi komoditas ke kota-kota besar, imbasnya sayur hortikultura di daerah tidak stabil.

Baca juga: Kualitas dan Kuantitas Komoditas Hortikultura Harus Digenjot Agar Bisa Bersaing

Selain kendala jalur distribusi petani ke konsumen, Narso juga mengamati bahwa persaingan dagang antara sayur lokal dengan sayur impor membuat harga sayur naik-turun.

Baca Juga :   DPRD Akan Segera Bentuk Pansus Hasil Pembahasan Rapat Paripurna

Faktanya produksi pertanian sayuran segar dalam negeri masih sangat mencukupi bila digunakan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama masa pandemi Covid-19.

Terkait hal tersebut Narso berharap momen pandemic, meskipun dengan alur distribusi terbatsa bisa membuat masyarakat lebih memanfaatkan produk lokal petani Pati.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati