oleh

Bangun Ekonomi Digital Pedesaan, Dewan: Perlu Peningkatan Koneksi Internet

Pati, Mitrapost.com – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati, Narso mengungkap bahwa masalah koneksi internet masih menjadi masalah mendasar di Pati, terutama di daerah pedesaan. Padahal, hampir sebagian besar warga Kabupaten Pati hidup dan tinggal di pedesaan. Dengan demikian, pemerintah perlu mulai memfasilitasi jaringan internet yang baik di desa-desa.

“Koneksi internet yang tidak stabil akan menghambat terealisasinya proses menuju ekonomi digital,” ungkap Narso ketika dihubungi Mitrapost.com pada Selasa (2/2/2021).

Hal ini menjadi pekerjaan rumah bagi pemerintah untuk pemenuhan segala aspek aktivitas di kehidupan masyarakat Kabupaten Pati demi memudahkan aksesbilitas dan mobilitas masyarakat.

Baca juga: Dewan Pati: Alun-alun Baru Menguntungkan Pelaku Usaha

Baca Juga :   Targetkan Pendataan Penyandang Disabilitas Mental Rampung Satu Pekan

“Dengan adanya jaringan yang mendukung di desa, akan memberikan harapan bagi masyarakat desa di Kabupaten Pati beraktivitas secara online. Sehingga masyarakat kita akrab dengan teknologi digital,” ungkap Narso

Sementara itu, dukungan infrastruktur, jaringan akses, serta berbagai solusi dan aplikasi dapat mendorong pengembangan dan penerapan desa digital. Khususnya pada sektor pemerintahan, pendidikan, sosial, dan ekonomi. Sehingga diperlukan adanya inovasi pembangunan desa untuk lebih memajukan dan mengembangkan potensi desa untuk menyejahterakan masyarakat.

Di masa pandemi menuntut adanya perubahan sosial yang awalnya manual beralih menjadi online. Di antaranya sekolah online, jual-beli online, dan kerja dari rumah (work from home). Maka, perlu adanya upaya meminimalisir hambatan aktivitas tersebut.

Baca Juga :   Fraksi Nasdem Pati Harap Bank Jateng Perhatikan Bantuan Modal untuk UMKM

Baca juga: Tekan Angka Pengangguran, Dewan Dorong Ekonomi Kreatif

“Apabila koneksi internet sudah dibenahi, akan mempermudah pelaku usaha ketika ingin melakukan transaksi bisnis secara digital/online,” ujar Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu.

Dengan demikian, pelaku bisnis jual beli online akan mudah memasarkan produk dagangan. Di samping itu, cakupan dagangannya akan lebih meluas hingga ke luar daerah. (Adv/SN/AZ/SHT)

Baca juga: 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Atik Zuliati

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Googlenews. silahkan Klik Tautan https://bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

 

Video Viral