oleh

Dewan Pati: Vaksin Covid-19 Bukan Solusi Tunggal Atasi Pandemi

Pati, Mitrapost.com – Vaksinasi Covid-19 ditempuh sebagai langkah pamungkas mengatasi penyebaran virus corona. Kendati demikian, dengan vaksinasi ini diharapkan berbagai sektor yang terdampak dapat bangkit kembali.

Kendati demikian, Ketua Fraksi Nurani Keadilan Rakyat Indonesia (NKRI), Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) mengingatkan bahwa vaksin bukan solusi utama. Agar rantai penyebaran Covid-19 dapat ditekan vaksinasi harus dikombinasikan dengan berbagai hal.

Politisi di Partai PKS ini mengatakan vaksin hanya instrumen seperti halnya protokoler kesehatan. Untuk mencapai herd immunity tak bisa ditempuh hanya dengan vaksinasi.

Baca juga: Bangun Ekonomi Digital Pedesaan, Dewan: Perlu Peningkatan Koneksi Internet

“Teman-teman kesehatan yang divaksin itu hanya instrumen pencegahan Covid-19. Intrumen ini sifatnya seperti menjaga jarak dan memakai masker,” kata Narso saat diwawancarai kemarin.

“Coba bayangkan ini sudah divaksin,tapi seberapa mampukah. Seberapa cepatkah pemerintah untuk melaksanakan vaksinasi sampai tercapainya herd immunity,” imbuh Narso.

Terkait hal tersebut, Narso menyarankan agar masyarakat tidak melonggarkan kewaspadaan terhadap virus corona meski program vaksinasi sudah berjalan. Protokol kesehatan masih harus diterapkan hingga virus ini benar-benar hilang.

Baca juga: Dewan Pati Nilai PPKM Perlu Dikaji Lagi

“Ini beberapa orang tenaga kesehatan belum semuanya, bayangkan kapan satu daerah atau secara nasional bisa tervaksin. Jadi harus tetap lakukan protokol kesehatan,” katanya.

Tapi Narso mengakui bahwa pemberian vaksinasi oleh pemerintah kepada masyarakat periode I ini merupakan angin segar, khususnya kepada sektor ekonomi.

“Tapi ekonomi harus tetap berjalan, tetapi harus disiplin menjalankan protokol kesehatan sehingga bisa menekan kasus Covid-19, pungkasnya. (Adv/MA/AZ/SHT)

Baca juga: 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Atik Zuliati

 

Tentang Penulis: Moh. Anwar

Gambar Gravatar
Wartawan Area Kabupaten Pati

Berita Terkait