oleh

Penuhi Hak Petani, Program Kartu Tani Perlu Dioptimalkan

Pati, Mitrapost.com Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati mengungkapkan bahwa Pemkab harus segera berupaya memenuhi hak-hak para petani. Salah satunya dengan mengoptimalkan program kartu tani bagi para petani. Langkah ini akan menjadi salah satu cara untuk memajukan pertanian di Kabupaten Pati

“Hingga saat ini masih banyak petani kita yang kesulitan mendapatkan kartu tani. Realita ini disebabkan, kurangnya pemahaman petani dalam proses pengurusan,” ungkap Darbi, anggota Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati, Kamis (4/2/2021).

Menurut Darbi, sosialisasi program pembuatan kartu tani belum optimal. Hal tersebut menyebabkan tidak semua masyarakat paham seluk beluk kartu tersebut. Padahal masyarakat, khususnya petani wajib memiliki kartu tani supaya dapat memperoleh pupuk bersubsidi.

“Sosialisasi ke petani harus digencarkan lagi ke bawah. Supaya bantuan yang diberikan pemerintah tepat sasaran,” lanjutnya.

Baca juga: Petani Kesulitan Akses Kartu Tani, Dewan Pati Minta Penyuluh Jembatani

Menurutnya, proses pembuatan kartu tani berbelit-belit ditengarai menjadi penyebab masih banyaknya petani kesulitan mendapat pupuk subsidi. Alhasil, masa tanam mereka terkendala.

Sudah saatnya satgas pupuk diberdayakan untuk memastikan pupuk dapat didistribusikan sampai ke petani di desa-desa.

Dengan demikian, tidak ada penimbunan dan permainan harga di tingkat pengecer. Mengingat petani di Kabupaten Pati tengah mengalami persoalan kelangkaan pupuk.

Kelangkaan pupuk merupakan masalah pelik bagi para petani. Jika tidak diaudit dan ditemukan titik persoalannya, maka akan menjadi masalah yang berulang tiap tahun. (Adv)

Baca juga: Banyak Petani Rembang Belum Kantongi Kartu Tani

 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur : Ulfa

Berita Terkait