Sudah Makan Malam tapi Kelaparan Saat Bangun Tidur, Kenapa?

Mitrapost.com Makan di waktu yang tepat sangat disarankan oleh berbagai ahli kesehatan, tapi tidak semua orang memiliki jadwal ketat terhadap pola jam makan mereka. Bahkan ada sejumlah orang yang terbiasa makan menjelang larut malam menjelang tidur. Sayangnya meski makan larut malam justru membuat kita merasa sangat lapar ketika bangun tidur.

Kenapa makan menjelang tidur justru membuat tubuh merasa lapar?

Pusat kendali rasa lapar

Melansir laman Hello Sehat, nafsu makan dan rasa lapar itu diatur oleh hipotalamus yang berada di inti batang otak.

Sel-sel di daerah ini menanggapi kadar glukosa darah untuk impuls saraf yang timbul dari saluran pencernaan dan berbagai hormon, termasuk hormon ghrelin, leptin dan tiroid, serta berbagai rangsangan lain.

Baca Juga :   Kenali Penyebab Hypnic Jerk, Rasa Tersentak Saat Tidur

Fluktuasi hormon dan kadar glukosa darah mempengaruhi nafsu makan dengan cara yang dapat diprediksi. Sebagai contoh, tingkat glukosa darah yang turun atau tingkat ghrelin yang meningkat dapat merangsang rasa lapar, sementara tingkat kenaikan glukosa atau leptin menekan nafsu makan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati