oleh

Siaga Covid-19 Desa Kumendung Rembang Dinyatakan Zona Hijau

Rembang, Mitrapost.com Desa Kumendung, Kecamatan Rembang dinyatakan sebagai wilayah zona hijau atau nihil kasus positif Covid-19.

Kepala Desa Kumendung Dwi Handayani mengatakan sebelumnya kampung Kumendung telah dicanangkan sebagai kampung siaga candi pada bulan Mei 2020. Pasalnya warga Kumendung ada 3 kasus OTG dan 1 orang gejala ringan covid. Sehingga total warga yang terpapar covid 4 kasus.

“Alhamdulillah semuanya sudah sembuh, dan sudah sehat sekarang,” ungkap Dwi, Jumat (12/2/2021).

Perkembangan kasus Covid-19 di Desa Kumendung mencapai zona hijau diakui Kades Dwi berkat pemantauan dan pengawasan para ibu dawis. Terdapat 40 dawis yang masing-masing mengawasi 10 rumah terkait protokol kesehatan.

Baca juga: Ada Dua Kecamatan di Rembang Berzona Hijau Penyebaran Covid-19

Selain ibu-ibu dawis yang bertugas memantau prokes, ada juga seksi ketahanan pangan dari kelompok wanita tani. Keberadaan mereka memberdayakan kebon bibit desa dengan menanam bermacam-macam sayuran yang hasilnya dibagikan ke masing-masing rumah tangga.

Selain itu juga ada pembudidayaan lumbung untuk ikan. Warga bisa mengambil ikan secukupnya untuk memenuhi kebutuhan proteinnya.

Kapolda Jateng Ahmad Luthfi dalam kunjungannya pada Kamis (11/2/2021) mengapresiasi warga Kumendung karena telah berpartisipasi dan bekerjasama menjaga desa dari virus Corona. Ia meminta supaya warga terus menjalankan protokol kesehatan.

“Per hari ini sesuai Laporan Bu Kepala Desa, sudah zona hijau, tidak ada yang positif,” katanya.

Menurutnya, daerah-daerah lain juga patut mencontoh desa siaga Covid-19 seperti yang dilakukan di Kumendung. Sebab hal ini bisa membantu menyukseskan PPKM mikro dan menurunkan kasus Covid-19. (*)

Baca juga: PPKM Mikro Diharapkan Mampu Berkontribusi di Website Covid-19 Pati

 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Ulfa

Berita Terkait