Arti Satuan ‘K’ dalam Penulisan Harga Produk

Mitrapost.com Tak jarang saat berbelanja kita menemukan daftar harga produk ditulis dengan 1K, 2K dan seterusnya. Bagi yang tidak tahu hal itu tentu membingungkan sebab dianggap tak umum tapi sebenarnya penulisan ‘K’ dibelakang angka tersebut sudah digunakan sejak 1975. Lalu apa maksud dari ‘K’ tersebut?

Sederhananya, huruf K di belakang harga itu merupakan satuan kilo yang merupakan unit pengukuran dalam Sistem Satuan Internasional atau SI (Système international d’unités).

Seperti pada kilometer dalam satuan jarak dan kilogram dalam satuan berat, kilo memiliki nilai ribu. Yakni 1.000 meter atau 1.000 gram, sehingga 1K dalam daftar harga produk sama dengan 1.000.

Melansir Uangindonesia, huruf ‘K’ yang berarti ribu berasal dari bahasa Yunani yang ditulis “χίλιοι” dan dibaca “cilia” /“Chilo”. Istilah ini pertama kali diadaptasi oleh grup riset Antoine Lavoisier pada tahun 1975 kemudian diperkenalkan oleh sistem metrik perancis pada tahun 1979.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati