oleh

Dewan Pati Dukung Usulan BKPP Rekrut 1.890 Guru PPPK

Pati, Mitrapost.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati merespons positif adanya usulan Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPP) Kabupaten Pati agar melakukan rekrutmen 1.890 guru PPPK.

Menurut Sekretaris Komisi D DPRD Kabupaten Pati, Noto Subiyanto, saat ini Kabupaten Pati membutuhkan guru yang berkualitas. Sehingga, diangkatnya guru PPPK sebanyak itu akan memberikan dampak yang baik bagi pendidikan Kabupaten Pati.

“Dewan Pati mendukung kebijakan tersebut. Karena guru sangat penting untuk memajukan generasi bangsa,” ungkapnya saat dihubungi Mitrapost.com, Rabu (17/2/2021).

Baca juga: Berharap Bisa Atasi Masalah Petani Desa, Dewan Pantau Tindak Lanjut Bimtek Dispertan

Perlu diketahui, usulan tersebut didasarkan pada kekurangan guru yang ada di jenjang Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Menurutnya, guru harus diperhatikan kesejahteraannya melalui pemberian hak yang layak. Dengan diangkatnya status kepegawaian guru ke PPPK akan meningkatkan kualitas dan kesejahtearaan guru.

Rencananya, BKPP Pati mengusulkan 1.890 formasi guru dengan jumlah rincian 1.820 untuk guru SD dan 70 formasi untuk guru SMP.

Baca juga: Dewan Pati Apresiasi Skema Peralihan Program Bansos Menjadi Bantuan Tunai

Menurut Rizki Hermanu selaku Kepala Bidang (Kabid) Formasi dan Jabatan BKPP Pati, mengungkapkan bahwa terdapat sejumlah pertimbangan umum dalam penentuan kuota tersebut. Misalnya analisa jabatan dan beban kerja. Selain itu juga pertimbangan analisa kemampuan keuangan daerah.

Sementara itu, BKPP Pati juga mengusulkan formasi lain untuk perekrutan PPPK tahun 2021. Diantaranya, tenaga kesehatan sebanyak 168 dan tenaga teknis lainnya sebanyak 87 kuota.

Menurut Noto Subiyanto, usulan tersebut perlu dikawal hingga sampai ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenpanRB). (*)

Baca juga: 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Atik Zuliati

 

Berita Terkait