Olahraga Ringan yang Cocok untuk Lansia

Mitrapost.com Kegiatan olahraga menjadi salah satu aktivitas penting untuk menjaga kebugaran tubuh bahkan untuk kelompok usia lanjut.  Bedanya, lansia tidak bisa melakukan olahraga dalam durasi waktu yang lama karena fungsi jantung, pembuluh darah, dan paru-paru tak berfungsi sebaik ketika masih di usia muda.

Menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO) waktu olahraga untuk lansia yang dianjurkan dibagi dalam tiga kategori. Pertama, olahraga intensitas sedang minimal 150 menit dalam seminggu, atau intensitas berat 75 menit dalam seminggu. Kemudian olahraga keseimbangan paling sedikit 3 kali seminggu. Serta olahraga kekuatan atau ketahanan otot minimal dua kali seminggu.

Lalu, jenis olahraga apa yang cocok dan baik untuk kelompok usia lanjut?

Baca Juga :   Resep Olahan Apel, Pie Nikmat dan Mudah

Baca juga: Trik Olahraga tanpa Absen Ngetik di depan Komputer

Jalan kaki

Olahraga jalan kaki menjadi pilihan paling baik bagi lansia karena cukup sederhana dan tidak terlalu menguras energi. Olahraga jenis aerobik ini juga dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung.

Jogging dan jalan cepat

Jika kondisi fisik memungkinkan, olahraga dengan berjalan cepat atau jogging dapat menjadi alternatif kegiatan fisik bagi lansia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati