Buka 600 Hektare Lahan, Dispertan Pati Tingkatkan Budidaya Porang

Pati, Mitrapost.com Dinas Pertanian Kabupaten Pati tengah berupaya mengoptimalkan produksi pertanian dan perkebunan. Salah satunya yang sedang digencarkan saat ini adalah budidaya tanaman porang.

“Tahun ini, Dispertan merencanakan pendampingan budidaya porang di Kabupaten Pati,” ujar Kepala Bidang (Kabid) Perkebunan Dinas Pertanian (Dispertan) Kabupaten Pati, Gunawan, Kamis (19/2/2021).

Gunawan mengatakan, Dispertan tengah memantau pertumbuhan tanaman porang di Kabupaten Pati termasuk proses fotosintesisnya. Hal tersebut untuk mengetahui efektifitas pembudidayaan tanaman porang.

“Sejauh ini, kami mengamati porang paling bagus jika ditanam di tempat terbuka. Selain itu, tanaman ini juga akan tumbuh dengan maksimal dalam naungan jika didukung penyinaran matahari kurang lebih 60%. Katakanlah sinyalnya kurang maka tumbuhnya kurang maksimal,” jelasnya.

Baca Juga :   Petani Disarankan Gunakan Bibit Padi Varietas Tanam Pendek

Baca juga: Dispertan Pati Dorong APKI Budidayakan Kelapa Kopyor

“Jika proses fotosintesisnya sudah dapat dipahami oleh petani maka upaya penanaman porang akan berjalan dengan maksimal. Baru kemudian kita melakukan pemeliharaan dan sebagainya hingga pada penjualannya.”

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati