Dinkes Pati Prediksi Vaksinasi Tercepat Selesai Maret 2022

Pati, Mitrapost.com – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pati mengungkapkan pemberian vaksinasi untuk mencegah penularan virus corona kepada seluruh masyarakat paling cepat selesai pada bulan Maret 2022.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (Kabid P2) Dinas Kesehatan Kabupaten Pati, dr Joko Leksono W mengatakan rangkaian vaksinasi kepada masyarakat masih panjang.

“Rangkaian vaksin ini masih lama. (Kemungkinan) kita masih satu tahun. Karena timeline Pak Jokowi itu sampai Maret 2022, untuk masyarakat Indonesia,” ujar Joko kepada Mitrapost.com, Jumat (19/2/2021) kemarin.

Baca juga: Dinkes Jepara Sebut Nakes Penyintas Covid-19 Tetap Divaksin

Joko menjelaskan, setelah vaksinasi gelombang pertama tahap II yang ditujukan kapada pelayan publik dan pedagang pasar, pada bulan Mei nanti akan dimulai vaksinasi kepada masyarakat umum.

Baca Juga :   News Grafis : Dewan Pati Batalkan Studi Banding

“Jadi setelah tahap 2 ini selesai, pada bulan Mei setelah lebaran itu, baru untuk publik. Lah kalau publik kita itu adanya 265 juta itu ya kalau dijadwal Pak Jokowi Maret 2022 itu ya termasuk cepat,” tutur Joko.

Menurutnya, apabila memang kelar sampai bulan Maret 2022, Joko menilai hal itu sudah baik. Menggugat berdasarkan pendapat Badan Kesehatan Dunia atau WHO, ada negara yang butuh 10 tahun untuk menuntaskan vaksinasi ini.

Baca juga: Video : 91 Persen Nakes Pati Telah Divaksin

Selain jumlah warga yang banyak, perlunya waktu lama untuk vaksinasi ini juga dikarenakan data masyarakat yang menerima vaksin terus berkembang dan bertambah setiap waktunya.

Baca Juga :   DPMPTSP Pati Mulai Terapkan Kebijakan New Normal, dengan Memperketat Protokol Kesehatan

“Karena begini, kebijakannya kan umur 18 tahun ya, yang umur 17 tahun ini kan mau menginjak 18. Jadi nyambung lagi terus. Makanya pak Jokowi mengatakan kita bersanding terus dengan Covid-19 dan vaksin mestinya,” kata Joko.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati