oleh

Dispertan Pati Dukung Kelompok Tani di Gabus Kembangkan Pertanian Organik

Pati, Mitrapost.com – Dinas Pertanian (Dispertan) Kabupaten Pati gencar ajak petani padi untuk kembangkan pertanian berkelanjutan dengan cara mengolah lahan secara organik.

Kabid Tanaman Pangan dan Hortikultura Dispertan Pati, Kun Saptono mengatakan, dalam dua tahun terakhir Dispertan Pati telah membina dua kelompok tani di kecamatan Gabus untuk mengembangkan tanam padi organik.

“Produksi beras organik dirintis sejak dua tahun yang lalu, mulai dari identifikasi lahan, pembinaan kelompok, baik dari petugas dari konsultan, petugas provinsi kabupaten sampai di lapangan membantu, sampai menyelesaiakan administrasi hingga keluar sertifikat organik,” kata Kun saat diwawancarai di kantornya hari ini, Sabtu (20/2/2021).

Baca juga: Dispertan Jalin Kerja Sama dengan PT. Suhartono Mitra Jaya

Dua kelompok tani tersebut di antaranya, Kelompok Tani (Poktan) Bancak, dari Desa Gabus, Kecamatan Gabus. Poktan bancak diketahui telah mendapatkan sertifikat Lulus Survailen dan diberikan hak untuk menggunakan Logo Organik Indonesia.

“Di Bancak ada lahan 3,61 hektare, dan memproduksi beras putih, merah, hitam ada 12 orang, 1 kelompok 1 desa,” imbuh Kun.

Sementara kelompok tani yang kedua ialah Poktan Usaha Jaya, dari Desa Tambahmulyo, Kecamatan Gabus. Poktan ini memiliki lahan seluas 8 hektare dengan varietas padi sintanur, mentik wangi, dan mentik susu.

Baca juga: UMKM Kopi Kemasan Alami Penurunan Omset 40 Persen, Dispertan Beri Solusi

Meski belum mendapatkan sertifikat organik, Poktan Usaha Jaya Tambahmulyo telah mendapatkan pengakuan sebagai kelompok tani yang menanam Padi konversi (perlakuan) organik. Karena belum memiliki logo organik, ketika diolah beras konversi dinamai beras alami.

Kun mengaku output menanam padi secara organik tak ada bedanya dengan penanaman konvensional. Ia menyebut 1 hektare lahan organik bisa memproduksi hingga 7 ton padi, dengan masa tanam yang sama.

Tentang Penulis: Moh. Anwar

Gambar Gravatar
Wartawan Area Kabupaten Pati

Berita Terkait