Ilmu Pronoto Mongso, Bekal Mengolah Sawah Organik

Pati, Mitrapost.com – Anggota Komisi B, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Pati, Narso mendukung upaya Dinas Pertanian (Dispertan) Pati mendampingi para petani dalam rangka kampanyekan pengolahan lahan secara organik.

Metode pengolahan lahan organik digadang-gadang mampu mengurangi ketergantungan pupuk kimia di masyarakat.

Perlu diketahui, keterbatasan pupuk masih menjadi kendala utama para petani Pati di Kabupaten Pati pada setiap musim tanam, Sehingga pemerintah dituntut memikirkan bagaimana mengatasi kelangkaan pupuk kimia sintetis.

Baca juga: Menyongsong Pilkades Serentak, Dewan: Perlu Persiapan Matang

Lebih lanjut, Narso mengatakan, dalam mengolah lahan organik, selain menekankan pada penggunaan pupuk organik, teknik pengontrolan hama dan penggunaan pestisida nabati, para petani juga diimbau untuk memahami konsep pranoto mongso.

Baca Juga :   Penanganan Covid-19, Prioritas Antara Kesehatan atau Ekonomi

Pranoto mongso bisa diartikan sebagai semacam penanggalan yang berkaitan dengan musim menurut pemahaman suku Jawa, khususnya dari kalangan petani dan nelayan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati