oleh

1.310 Nakes RSUD Soewondo Pati Jalani Vaksinasi Tahap Pertama

Pati, Mitrapost.com – Sebanyak 1.310 tenaga kesehatan (nakes) RSUD RAA Soewondo Pati akan menjalani vaksinasi pada tahap pertama. Kegiatan tersebut dijadwalkan mulai Selasa (26/1/2021).

Menurut Ketua Tim Vaksin RSUD RAA Soewondo Pati, dr Slamet Sutaryo mengatakan, untuk mengantisipasi kerumunan, pihaknya membagi menjadi tiga sesi yang ditargetkan selesai pada Kamis (28/1).

“Menyiasati hal itu, kita bagi menjadi tiga sesi. Hari pertama 437, hari kedua 436, dan hari ketiga sebanyak 437,” ujarnya, Selasa (26/1).

Baca juga: RSUD RAA Soewondo Pati Terapkan Prosedur Khusus untuk Cegah Covid-19

Menurut pemaparannya, setelah disuntik vaksin para peserta diminta tinggal selama 30 menit di lokasi. Untuk menghindari seumpama terjadi Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI). Baru setelahnya, nakes diperkenankan meninggalkan lokasi.

Di sisi lain, Slamet mengakui sempat adanya kendala dalam pelaksanaan vaksinasi ini, seperti ketidakcocokan NIK karyawan.

“Tapi pagi hari ini, hari pertama banyak kendala-kendala. Hingga ditunda vaksin ini. Pertama banyak ketidaksamaan NIK dari nakes sendiri. Sehingga di komputer tidak bisa dientry,” ungkapnya di hadapan awak media.

Baca juga: IGD Penuh Pasien Covid-19, RSUD Soewondo Pati Dirikan Tenda

“Jika SMS-nya waktu pendaftaran itu masih disimpan, bisa kita ambil tindakan. Namun rata-rata banyak yang sudah dihapus. Sehingga kami harus berkoordinasi dengan pihak terkait terlebih dahulu,” imbuhnya.

Sementara itu, sejumlah nakes ada yang memiliki penyakit penyerta (kormobid). Sehingga pihaknya harus berkonsultasi dengan dokter spesialis terlebih dahulu untuk mendapatkan persetujuan.

“Ada syarat boleh divaksin dengan pemeriksaan khusus terlebih dahulu. Contohnya penyakit jantung, konsultasi ke dokter jantung terlebih dahulu. Banyak yang sudah tua pula, lalu yang muda ada yang hamil,” paparnya.

Meski begitu, ia berkomitmen untuk menyelesaikan vaksinasi sesuai jadwal yang telah ditentukan. Khususnya bagi para nakes di RSUD RAA Soewondo Pati yang telah lolos screening dan administrasi. (*)

Baca juga: 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Atik Zuliati

 

Tentang Penulis: Redaksi

Gambar Gravatar
Redaksi Mitrapost.com

Berita Terkait