oleh

Jalani Vaksinasi, Ketua DPRD Pati Harap Mampu Cegah Penyebaran Covid-19

Pati, Mitrapost.com – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati pada Jumat, 26 Februari 2021 bertempat di Gedung DPRD Kabupaten Pati. Tak terkecuali Ketua DPRD Kabupaten Pati, Ali Badrudin.

Usai menjalani vaksinasi, Ali Badrudin mengungkapkan upaya ini dilakukan sesuai dengan instruksi Presiden RI, Joko Widodo demi meredam kasus Covid-19 di Kabupaten Pati.

“Agenda vaksinasi ini merupakan agenda yang dilaksanakan dari pemerintah pusat, langsung instruksi dari Bapak Presiden. Tujuan dilakukannya vaksinasi dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19, khususnya di Kabupaten Pati,” ujarnya usai menjalani vaksinasi di Gedung DPRD Pati.

Baca juga: Ikuti Vaksinasi, Dewan Pati: Kayak Digigit Semut

Ia mengungkapkan, pemerintah daerah tengah melaksanakan secara optimal langkah vaksinasi tersebut secara bertahap.

“Pemerintah Kabupaten Pati melaksanakan kebijakan vaksinasi ini dengan baik. Dimulai dari Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), tenaga kesehatan (nakes), pelayan publik (TNI dan Polri) pegawai instansi daerah (Kepala Dinas dan ASN), serta masyarakat umum,” ungkapnya kepada Mitrapost.com, Jumat (26/2/2021).

Menurutnya, adanya vaksinasi mampu meminimalisir penyebaran Covid-19. Selain itu, ia menuturkan jika seandainya tubuh terjangkit Covid-19, maka imunitas yang dimiliki penerima vaksin akan menghambat dan menangkal infeksi dari virus tersebut.

Baca juga: Dewan Pati Ajak Warga Kooperatif Dalam Program Vaksinasi Covid-19

Perlu diketahui, sasaran vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Pati total sebanyak 853.374 orang. Terdiri dari nakes sebanyak 6.313 orang, pelayan publik sebanyak 41.252 orang, dan masyarakat umum sebanyak 198.513 orang. Selanjutnya, lansia 187.044 dan masyarakat rentan sebanyak 420.252 orang.

Menurut dr. Joko Leksono W selaku Kabid Pencegahan dan Pengendalian (P2) Dinas Kesehatan, vaksinasi dilakukan melalui empat alur. Yaitu, pendaftaran dan pencatatan data. Kemudian dilanjutkan skrining, anamnesa, edukasi imunisasi Covid-19, dan pemberian vaksin. Selanjutnya, diakhiri dengan pencatatan dan menunggu hasil vaksinasi selama 30 menit. (Adv/SN/AZ/SHT)

Baca juga: 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Atik Zuliati

 

 

 

Berita Terkait