Merasa Ngantuk Usai Makan, Ini Sebabnya

Mitrapost.com – Terkadang setelah makan kita akan merasa ngantuk, hal ini adalah wajar yang hampir dialami oleh semua orang. Fenomena ini dapat menganggu aktivitas dan menurukan konsentrasi. Maka, ketahuilah penyebab mengantuk setelah makan agar dapat kamu hindari.

Rasa kantuk kadang muncul sehabis makan, hal ini disebabkan oleh banyak faktor, antara lain konsumsi makanan atau minuman tertentu dan gaya hidup atau kebiasaan yang sering dilakukan. Untuk mencegah kondisi yang kerap mengganggu keseharian ini, kamu perlu mengetahui penyebabnya terlebih dahulu.

Dilansir dari alodokter.com, terdapat beragam faktor yang diketahui dapat memicu rasa kantuk setelah makan, antara lain,

Baca juga: Manfaat Pisang, Lancarkan Pencernaan hingga Jaga Kesehatan Otak

  1. Pengaruh hormon selama proses pencernaan
Baca Juga :   Mengenal Maskne, Jerawat Akibat Penggunaan Masker

Makanan dan minuman yang dikonsumsi akan dicerna oleh lambung dan usus. Saat proses pencernaan berlangsung, tubuh akan melepaskan hormon tertentu seperti serotonin dan melatonin. Peningkatan kedua hormon tersebut bisa menimbulkan rasa kantuk setelah dimakan.

  1. Perubahan aliran darah di otak

Selain faktor hormonal, perubahan aliran darah pada otak yang terjadi setelah makan juga kerap disebut sebagai penyebab munculnya fenomena habis makan ngantuk.

Setelah makan, aliran darah akan lebih banyak dialihkan ke saluran pencernaan agar tubuh dapat mengolah dan menyerap energi serta nutrisi dari makanan atau minuman yang dikonsumsi.

Baca juga: Manfaat Pisang, Lancarkan Pencernaan hingga Jaga Kesehatan Otak

  1. Kurang tidur

Ketika kurang tidur tubuh akan terasa lelah dan rasa lapar mudah muncul. Hal ini bisa membuat kamu lebih banyak makan atau ngemil, sehingga rasa kantuk yang dirasakan akan semakin terasa.

Baca Juga :   4 Faktor Penyebab Gampang Lelah

Oleh karena itu, untuk mencegah hal tersebut, cobalah untuk mencukupi waktu tidur setiap malamnya setidaknya 7–9 jam, kurangi atau hentikan kebiasaan begadang, olahraga secara rutin, dan hindari stres.

  1. Kurang olahraga

Olahraga berpengaruh terhadap kekuatan dan daya tahan tubuh, serta efisiensi kerja sistem kardiovaskular. Jika kamu jarang berolahraga, tubuh akan mudah merasa lelah. Hal ini jugalah yang menjadi salah satu pemicu munculnya rasa kantuk setelah makan.

Baca juga:  Jadi Bahan Kosmetik, Ini Dia Manfaat Alami Lidah Buaya untuk Kecantikan

Agar lebih bugar, kamu bisa mencoba lebih banyak meluangkan waktu untuk berolahraga, misalnya berjalan di sekitar halaman rumah, naik-turun tangga, atau yoga.

  1. Gangguan Kesehatan
Baca Juga :   Kaya Nutrisi, Tomat Sumber Likopen yang Baik

Kondisi atau gangguan kesehatan tertentu dapat membuat kamu mudah lelah, termasuk lebih mudah mengantuk setelah beraktivitas dan setelah makan atau bahkan mengantuk sepanjang waktu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati