Ikuti Pilkades 2021, Pemilih Luar Daerah Perlu Tes Swab Antigen

Pati, Mitrapost.com – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati, Ali Badruddin mengimbau kepada masyarakat yang datang dari luar daerah, supaya melakukan tes Swab Antigen sebelum mengikuti Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) 2021.

“Regulasi yang mengatur sudah tepat jika dilakukan pada masa pandemi Covid-19. Bagi pemilih yang datang dari luar daerah, baik dari luar kota, luar provinsi, maupun luar pulau supaya mengantisipasi adanya penyebaran Covid-19 melalui tes Swab Antigen,” ungkap Ali Badruddin kepada Mitrapost.com, Jumat (26/2/2021).

Menurutnya, hak pilih warga negara harus diutamakan dalam memberi kontribusi suara pada ajang pesta demokrasi di ranah desa. Karena setiap warga negara memiliki hak dalam menentukan pilihannya.

Baca Juga :   Tempat Wisata Dibuka, Dewan : Tak Boleh Lengah Terapkan Protokol Kesehatan

Baca juga: Dewan Imbau Warga Pati Taati Perbup saat Pilkades

Dalam pelaksanaan Pilkades Serentak 2021, Pemerintah menjalankan regulasi yang tertera dalam Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 88/2020 tentang Pelaksanaan Pilkades di Masa Pandemi Covid-19.

Pada peraturan tersebut sudah ada pembenahan dibandingkan perbup sebelumnya. Beberapa aturan sudah direvisi untuk disesuaikan kondisi pandemi Covid-19.

Ia menjelaskan bahwa Pemerintah dan Satgas Covid-19 telah berupaya secara maksimal dalam membuat ketentuan pelaksanaan ajang 5 tahunan tersebut. Sehingga para pemilih diminta untuk menghargai dan menjalankannya.

Baca juga: Dewan Pati Sayangkan Keluarnya Perpres Investasi Miras

“Protokol kesehatan sudah diterapkan. Pemerintah dan Satgas berupaya mengambil langkah preventif dalam menangkal Covid-19. Akan tetapi jika ada yang datang dari luar kota tanpa antisipasi tes Swab Antigen, tiba-tiba membawa virus nanti jadi tambah repot,” ujar Ali Badruddin.

Baca Juga :   Dewan Pati Berharap Seluruh Anggota Bersatu dalam Memutus Mata Rantai Penyebaran Covid-19

Menurutnya, di situasi Covid-19 yang paling penting bukan soal berapa biaya besar yang dikeluarkan untuk melakukan tes Swab Antigen. Namun, seberapa besar upaya untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 di Pilkades 2021.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati