oleh

Dewan Pati Bersyukur Lampiran Perpres Legalisasi Miras Dicabut

Pati, Mitrapost.com – Presiden Joko Widodo resmi mencabut Lampiran terkait investasi industri minuman keras dalam Peraturan Presiden (Perpres) No.10/2021 tentang Bidang Usaha Penanaman Modal.

Hal ini mendapat respons positif dari berbagai golongan. Di Kabupaten Pati, Anggota Komisi A Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati, Warsiti menyampaikn rasa leganya setelah aturan ini dicabut.

BPKAD Pati

Anggota DPRD Pati dan Politisi di Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) itu diketahui juga berpihak kepada yang menolak poin kelonggaran pendistribusian miras tersebut.

Baca juga: Pemilih Luar Daerah Diimbau Swab Antigen, Dewan: Pemerintah Perlu Fasilitasi

Meski Kabupaten Pati tidak masuk dalam daerah legal peredaran miras, ia khawatir Perpres tersebut bisa berimbas ke daerah lain. Lebih-lebih dapat mempengaruhi kondisi sosial pada anak usia remaja.

“Sujud syukurku nggak kepalang Mas. Dengan di cabutnya Perpres yang berkaitan miras dan minol membuat kami lega Mas, artinya masih ada harapan untuk pendidikan, kenakalan anak-anak bisa terkendalikan,” kata Warsiti saat diwawancara Mitrapost.com hari ini, Rabu (3/3/2021).

“Miris kemarin saya Mas. Takut untuk masa depan bangsa,” imbuh Anggota Dewan Pati dari Fraksi Nurani Keadilan Rakyat Indonesia (NKRI) DPRD Pati itu.

Baca juga: Tak Rela Uang untuk Beli Miras Berkurang, Pria di Jakbar Bunuh Teman Sendiri

Keputusan dicabutnya lampiran perpres tentang legalisasi miras tersebut diambil setelah Presiden menerima masukan dari berbagai pihak, mulai dari ormas keagamaan hingga pemerintah daerah.

Oleh MUI, miras dianggap lebih banyak menimbulkan mudhorot (keburukan) daripada manfaat.

Miras dinilai memiliki efek negatif yang sama merusaknya dengan narkoba. Pemerintah diminta untuk tidak mengorbankan fisik, jiwa dan agama rakyat atas nama investasi perdagangan.

Selain itu, dengan legalnya miras, negara dianggap telah mencederai amanah konstitusi dan agama, khususnya Pasal 28H ayat 1 Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 (UUD 1945). (Adv/MA)

Baca juga: 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Atik Zuliati

 

 

Tentang Penulis: Moh. Anwar

Gambar Gravatar
Wartawan Area Kabupaten Pati

Berita Terkait