Harga Bawang Merah Melambung, 36 Ribu di Tingkat Pengecer

Pati, Mitrapost.com Harga bawang merah di Kabupaten Pati saat ini mencapai harga cukup tinggi. Pada kriteria bawang merah grade A di tingkat eceran harga berkisar antara Rp35 ribu hingga Rp36 ribu per kilo.

Sedangkan harga bawang merah di kalangan petani berkisar dari Rp23 ribu hingga Rp25 ribu. Menurut petugas fungsional analisis pasar hasil pertanian (APHP), Rusmilah, mengatakan hal tersebut dikarenakan bawang merah belum disortir.

“Harga bawang merah di level petani yang notabene produsen mencapai Rp23.000-Rp25.000 per kg. Sedangkan harga jual di level pengecer mencapai Rp32.000-Rp.36.000 per kg. Perbedaan ini dikarenakan, bawang yang dari petani belum dipilih,” jelas Rusmilah, Selasa (2/3/2020) kemarin.

Baca Juga :   Dewan Nilai Tingginya Harga Bawang Merah Masih Wajar

Tak hanya itu harga bawang juga dipengaruhi oleh besar kecilnya umbi yang menentukan grade atau kualitas bawang merah.

“Selain itu ditentukan menurut besar kecilnya umbi, masih campur mana yang umbinya bagus/besar (grade A) dan mana yang umbinya kecil (grade C). Jadi masih campuran,” lanjutnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati