oleh

Pilkades Digelar Sebulan Lagi, Masih Ada Desa Belum Laporkan APBDes

Pati, Mitrapost.com – Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak Kabupaten Pati Gelombang I Tahun 2021 telah diumumkan akan digelar serentak di 219 desa pada 10 April 2021 mendatang.

Menyambut pesta demokrasi tingkat desa tersebut, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati diketahui beberapa kali telah lakukan sidak di beberapa Desa di Pati untuk mengetahui persiapan desa pra Pilkades 2021.

Anggota Komisi A DPRD Pati, Warsiti salah satunya. Kepada Mitrapost.com ia mengatakan, dalam beberapa sidaknya ia menemukan beberapa temuan.

Baca juga: Panitia Pelaksana Pilkades di Pati Diimbau Siapkan Jalur Khusus

Diantaranya masih ada desa yang belum melaporkan APBDes-nya.Padahal laporan tersebut merupakan syarat fundamental sebuah desa untuk bisa menggelar pilkades tahun 2021.

“Ternyata masih banyak desa yang belum memberikan laporan ABPDes Mas. Buat desa yang ikut Pilkades kan termasuk itu syaratnya. Dan kalau harus merealisasjkan bantuan kan juga ga bisa Mas,” kata Anggota DPRD yang juga politisi di Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) itu saat diwawancarai Mitrapost.com, Rabu (3/3/2021).

Di sisi lain dengan adanya kondisi pandemi Covid-19, ada beberapa perubahan yang mengacu pada Perbup Pati Nomor 88 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pilkades di Masa Pandemi.

Baca juga: Calon Petahana dan ASN Perlu Izin Cuti Sebelum Ikut Pilkades

Memastikan poin perubahan tersebut dilaksanakan, dalam berbagai sidak tersebut Warsiti juga kampanyekan pentingnya menerapkan protokol Covid-19 di lingkungan tempat pemilihan untuk mencegah penularan virus Covid-19 sehingga tidak terjadi klaster baru.

Pihaknya juga diimbau untuk tidak ragu menganggarkan dana untuk melengkapi sarana prasarana penunjang protokol kesehatan demi keamanan warganya.

“Dan juga kita sosialisasi untuk meminimalkan risiko negatif (penularan covid-19) saat dan pascapilkades,” ujar Anggota Dewan dari Fraksi Nurani Keadilan Rakyat Indonesia (NKRI) itu.(Adv/MA).

Baca juga: 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Atik Zuliati

 

Tentang Penulis: Moh. Anwar

Gambar Gravatar
Wartawan Area Kabupaten Pati

Berita Terkait