oleh

Rawan Curang, Kajari Pati Baru Siap Kawal Pilkades Serentak

Pati, Mitrapost.com – Dalam rangka meminimalisir kecurangan, Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Pati Mahmudi siap mengawal Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) 2021 yang digelar secara serentak.

Hal ini diungkapkan Mahmudi kepada awak media selepas mengikuti acara Kenal Sambut Kajari Pati di Pendopo Kabupaten Pati, Kamis (4/3/2021) siang.

Mahmudi mengatakan pihaknya siap terjun ke lapangan untuk memantau jalannya pemilihan kepala desa yang digelar di 219 desa di Kabupaten Pati ini.

Baca juga: Pilkades Digelar Sebulan Lagi, Masih Ada Desa Belum Laporkan APBDes

“Pilkades untuk penanganan kami akan survei ke lapangan dengan Kasi Intel dan Kasi Pidum bila ada kecurangan. Kita sudah mulai gerak ini,” tutur Mahmudi yang dilantik menjadi Kajari Pati pada 22 Februari 2021 di Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Tengah ini.

Apabila ada laporan indikasi pelanggan pidana dalam Pilkades dan ditemukan barang bukti yang cukup, pihaknya siap menyeret ke ranah hukum.

“Sanksi hukum. Termasuk money politic. Kalau terbukti akan kita proses. Kalau tidak terbukti ya ndak,” ujar Mahmudi.

Baca juga: Dewan Imbau Warga Pati Taati Perbup saat Pilkades

Ia tidak mau tergesa-gesa dalam menangani perkara. Mahmudi khawatir laporan-laporan tentang Pilkades dimanfaatkan oleh oknum untuk menjatuhkan lawan politik.

“Kekhawatiran kita untuk menjatuhkan lawan-lawan itu. (Tetapi) untuk pengawasan tetap kita lakukan,” tuturnya.

Sementara itu, Bupati Kabupaten Pati, Haryanto menyambut dengan senang kehadiran Kejari Pati baru ini. “Saya menerima dengan sepenuh hati dengan hadirnya pak Mahmudi. Saya terima jadi keluarga besar,” tutur Haryanto dalam sambutannya.

Baca juga: Ikuti Pilkades 2021, Pemilih Luar Daerah Perlu Tes Swab Antigen

Haryanto pun berharap Kabupaten Pati semakin kondusif dengan adanya Kejari baru ini. “Semoga Kabupaten Pati yang sudah kondusif ini menjadi tambah kondusif,” kata Haryanto.

Mahmudi menggantikan Kajari Pati sebelumnya, Darmukit, yang dipindah tugaskan di Kejaksaan Agung (Kejagung) Republik Indonesia. Darmukit menjabat sebagai Eksekutif Pra Penuntutan. (*)

 

Baca juga: 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Atik Zuliati

 

Tentang Penulis: Umar Hanafi

Gambar Gravatar
Wartawan

Berita Terkait