Sempat Terpapar B117, Hasil Testing Keluarga TKW Brebes Negatif

Semarang, Mitrapost.com Hasil tracing dan testing terhadap keluarga serta orang yang kontak erat dengan AS (47), TKW asal Timur Tengah di Brebes yang terkena Covid-19 varian baru B117 dinyatakan negatif.

“Penanganannya sudah berjalan, itu satu keluarga diisolasi dalam pantauan. Mereka yang dites hasil tracing kontak erat dan kontak dekat itu relatif negatif semuanya,” kata Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo usai memimpin rapat penanganan Covid-19 di kantornya, Senin (8/3/2021).

Pemkab Brebes, lanjut Ganjar, juga sudah memastikan penanganan terhadap kasus tersebut. Dibantu pihak kelurahan, Babinsa dan Babhinkamtibmas, proses pemantauan berjalan lancar.

“Tapi kita masih nunggu tes dari pusat, karena informasinya ada satu lagi tes khusus dari sana. Tapi untuk yang swab tesnya, yang lain tidak ada yang tertular,” jelasnya.

Baca Juga :   Uji Laboratorium Pasien 06 dan 14 Kasus Virus Corona Dinyatakatan Negatif

Dalam kasus infeksi varian baru virus corona B117, sebanyak tujuh orang langsung dites. Sementara pada tracing kedua, delapan orang juga sudah dilakukan testing dan hasilnya negatif.

Baca juga: TKI Jateng Pembawa B117 Tengah Menjalani Isolasi

Meski begitu, AS dan delapan orang keluarganya, harus melakukan isolasi dengan pantauan ketat sambil menunggu hasil tes khusus dari pemerintah pusat itu.

“Itu satu keluarga dengan AS sebanyak delapan orang itu, diisolasi dan saya minta dipantau dengan ketat. Tadi saya pastikan ke Pemkab Brebes suplai makanan sudah aman, penjagaan juga aman karena ada kerja sama yang baik antara kelurahan, puskesmas, babinsa/babhinkamtibmas dan lainnya. Saya kira dengan PPKM mikro, model begini akan lebih efektif sehingga penanganan lebih mudah,” pungkasnya.