Dinlutkan Rembang Tanam Rumpon untuk Perbaiki Habitat Ikan

Rembang, Mitrapost.com Sejumlah elemen masyarakat beserta Dinas Kelautan dan Perikanan Rembang menanam rumpon atau rumah ikan di tiga titik pantai Gedong Mulyo, Lasem Rembang.

Herry Martono, Kasi Perlindungan dan Pemberdayaan Nelayan, Dinas Kelautan dan Perikanan Rembang mengatakan penanaman rumpon tersebut sebagai langkah untuk menarik kembali sumber daya ikan yang ada di sekitar laut Gedong Mulyo.

“Rumpon atau rumah ikan untuk membuat sumber daya ikan kembali baik. Ada di desa Gedong Mulyo yang terpilih sebagai pilot projek konservasi rajungan yang di dampingi oleh APRI (Asosiasi Pengolahan Rajungan Indonesia) yang berjalan hampir 2 tahun ini,” jelas Herry saat ditemui di kantor dinasnya, Selasa (9/3/2021) siang ini.

Baca Juga :   Sejumlah Faktor Sebabkan Produksi Garam di Pati Menurun

Pembuatan rumpon juga menjadi bentuk pelestarian habitat rajungan maupun ikan. Sebab menurut Herry banyak nelayan di Rembang menggunakan alat tangkap yang tidak ramah lingkungan.

“Dibuat oleh kelompok gabungan masyarakat Gedong Mulyo, untuk kelestarian ikan di laut. Karena maraknya penggunaan alat tangkap yang tidak ramah lingkungan. Maka dari itu, inisiasi dari warga Gedong Mulyo dapat ditiru desa-desa lain, supaya bisa merawat ekosistem di laut dengan membuat rumpon ikan,” imbuhnya.