Kacang Hijau Jadi Komoditas Unggulan di Kabupaten Pati

Pati, Mitrapost.com Tanaman kacang di Kecamatan Kayen menjadi komoditas unggulan pertanian di Kabupaten Pati. Bahkan menurut Susilohadi, Koordinator BPP Kecamatan Kayen, mengatakan bahwa wilayah Kecamatan Kayen termasuk sentra kacang hijau dan kedelai.

Ia menjelaskan, setidaknya di Kayen terdapat 700 hingga 1.100 hektare tanaman kacang hijau dan kedelai. Akan tetapi, realita di lapangan masih fluktuatif karena produktivitasnya bergantung dengan cuaca.

“Meskipun tanaman kacang hijau cocok ditanam pada musim kemarau. Akan tetapi, produktivitasnya akan lebih bagus jika musim kemarau-nya diselingi hujan,” ujar Susilo, Jumat (12/3/2021).

Baca juga: Di Kalangan Petani Kacang Kedelai Kalah Pamor dari Kacang Hijau

Ia menjelaskan bahwa tanaman ini membutuhkan air yang cukup. Sehingga kondisi ideal bagi kacang hijau adalah ketika musim kemarau beser.

Baca Juga :   Minat Warga Tinggi, Ada Kemungkinan Poktan di Kayen Bertambah

Susilohadi mengatakan, kacang hijau bisa digunakan untuk menggantikan padi sebagai makanan pokok. Saat ini para petani biasa memanfaatkan lahan pertanian untuk menananm palawija untuk memperoleh hasil tambahan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati