Video : Sejumlah Warga Pantirejo Geruduk DPRD Pati

Pati, Mitrapost.com – Puluhan warga Desa Pantirejo, Kacamatan Gabus, berbondong-bondong mendatangi Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati, Senin (15/3/2021).

Mereka meminta audiensi dengan Komisi D DPRD Kabupaten Pati untuk membahas pemilihan kepala desa (Pilkades) di desanya yang mempunyai tujuh bakal calon (balon) kepala desa pada Pilkades 2021 ini.

Salah satu warga Desa Pantirejo, Huriyanto mengatakan pihakny  a menginginkan tujuh bakal calon ini diloloskan menjadi calon kepala desa. Dan menolak mekanisme ujian dalam menentukan calon.

“Ra sah ujian, yo iku wong 7 (tidak usah ujian, ya tujuh orang itu),” ujar Huriyanto dalam audiensi yang digelar di Ruang Banggar DPRD Kabupaten Pati, Senin (15/3/2021).

Baca Juga :   Video : Kemitraan Kurangi Kuota Serapan Panen Tembakau, Ini Penyebabnya

Pihaknya khawatir ada permainan kong-kalikong apabila digelar ujian. Namun, tuntutan ini tampaknya tidak bisa dilaksanakan. Mengingat calon kepala desa minimal berjumlah dua dan maksimal berjumlah lima.

Apabila melebihi 5 bakal calon, maka akan dilakukan ujian untuk menentukan calon kepala desa. “Aturan minimal 2 dan maksimal 7 itu semuanya ndak hanya di Pati tapi di desa kabupaten lainnya,” ujar Ketua Komisi A DPRD Kabupaten Pati, Bambang Susilo.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati