Syakban, Puasa yang Paling Disukai Nabi Muhammad

Mitrapost.com Bulan Rajab telah berlalu dan kini memasuki bulan Syakban. Bulan kedelapan dalam kalender hijriah ini juga disebut-sebut sebagai salah satu bulan yang dimuliakan. Sebab amalan-amalan kebaikan sangat dianjurkan untuk dikerjakan, salah satunya adalah puasa.

Dalam hadis yang diriwayatkan oleh At-Tirmidzi dijelaskan bahwa puasa bulan Syakban itu untuk mengagungkan bulan Ramadan.

Sementara dalam hadis yang diriwayatkan Al-Bukhari, Sayyidah Aisyah mengatakan bahwa hanya di bulan Ramadan Nabi Muhammad berpuasa satu bulan penuh di bulan Syakban.

Sedangkan dalam riwayat lain oleh Ahmad disebutkan, “Puasa yang disukai Nabi Muhammad SAW ialah puasa di bulan Sya’ban.”

Baca juga: Segudang Manfaat Saat Menjalan Ibadah Puasa Sunnah

Baca Juga :   Tahun Baru 2021 Tinggal Menghitung Hari, Berikut Tips Menyusun Resolusi

Syeikh Nawawi Banten di dalam Nihayatuz Zain menjelaskan sebagai berikut.

 الثاني عشر صوم شعبان لحبه صلى الله عليه وسلم صيامه فمن صامه نال شفاعته صلى الله عليه وسلم يوم القيامة

Artinya, “Macam puasa sunah yang kedua belas adalah puasa Sya’ban. Sebab Nabi Muhammad SAW sangat suka berpuasa pada bulan tersebut. Siapa saja yang berpuasa di bulan Sya’ban, ia akan memperoleh sya’faat di hari kelak.”

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati