oleh

Desa Wisata, Lestarikan Kebudayaan hingga Dongkrak Perekonomian Daerah

Pati, Mitrapost.com – Desa Bakaran Wetan Kecamatan Juwana berencana akan bangun desa wisata dengan konsep kerajaan. Hal ini mendapat apresiasi dari Anggota Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati, Narso.

Menurut Politisi dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu, selain meningkatkan perekonomian masyarakat membuat desa wisata juga mampu melestarikan kebudayaan asli Kabupaten Pati.

“Ini bagus selain mampu meningkatkan perekonomian masyarakat, juga bisa kebudayaan yang ada di Bakaran Wetan dari Pati atau kebudayaan lain seperti tari atau ketoprak begitu juga batik,” kata Anggota Komisi B DPRD Kabupaten Pati itu, Kamis (18/3/2021).

Baca: Jadi Desa Wisata Pancasila, Ini 9 Pesona Desa Jrahi Pati

“Kita berharap dengan adanya trobosan desa wisata, perekonomian dan pelestarian budaya bisa kita raih,” imbuhnya.

Bila wacana Desa Wisata Kerajaan ini terealisasi dalam jangka panjang diharapkan mampu diikuti oleh desa di Pati yang lain, agar lebih banyak warisan budaya di Kabupaten Pati yang dilestarikan.

Kemudian, bila desa wisata dapat berkembang, tentunya menguntungkan Daerah. Selain sebagai mem-branding kota, aktivitas wisata juga bisa menaikkan PAD lewat pajak daerah.

Baca juga: PPNI Rembang Desak Pemkab Buka Penerimaan PPPK Perawat

Rencananya desa wisata kerajaan di Kecamatan Bakaran akan promosikan kesenian daerah setempat diantaranya ketoprak, karawitan, dan tarian.

Hingga produk kerajinan khususnya batik bakaran, yang di gadang-gadang sebagai kerajinan batik khas kota Bumi Mina Tani, yang dipercaya masyaralat sudah ada sejak abad ke 14 masehi. Diperkenalkan oleh Nyai Sabiroh dari kerajaan Majapahit.

Meski baru wacana, sebelum dicanangkan Desa Bakaran sudah mempunyai denah desa wisata dalam format 3D. Kegiatan-kegiatan kebudayaan seperti karawitan, tari hingg festival batik juga makin dibiasakan. (Adv)

Baca juga: 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Atik Zuliati

Tentang Penulis: Moh. Anwar

Gambar Gravatar
Wartawan Area Kabupaten Pati

Berita Terkait