oleh

Upaya BPP Sukolilo Wujudkan Fungsi Kostra Tani

Pati, Mitrapost.com – Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Sukolilo telah menyabet sejumlah penghargaan dalam kurun waktu 5 tahun terakhir. Prestasi penyuluh pertanian teladan disandang pada tingkat kabupaten versi THL-TBPP hingga tingkat provinsi Jawa Tengah.

Menurut Koordinator BPP Sukolilo, Mudhori, perolehan prestasi tersebut tak terlepas dari peran penyuluh, kelompok tani dan juga Dinas Pertanian Kabupaten Pati.

“Prestasi itu dapat diraih dengan kerja sama semua pihak dari penyuluh, kelompok tani dan Dinas Pertanian di Kabupaten Pati,” ungkapnya kepada Mitrapost.com (20/3/2021).

Baca juga: Swasembada Gula, Dispertan Pati Tingkatkan Budidaya Tebu

Kecamatan Sukolilo menjadi kawasan terluas sektor tanaman pangan komoditas padi dan jagung serta peternakan unggas terbanyak di Kabupaten Pati. Selain tanaman pangan, beberapa petani yang memiliki lahan sawah melakukan berbudi daya hortikultura seperti bawang merah, Cabai, Melon, Semangka dan blewah. Sedangkan petani yang memiliki lahan di pegunungan melakukan budidaya Porang dan Talas.

Dinamika petani dalam pertanian yang semakin cepat dalam mengakses Informasi teknologi pertanian melalui media sosial menuntut BPP Sukolilo juga berupaya mewujudkan Konstra Tani. Diantaranya Pusat Data dan Informasi, Pusat Gerakan Pembangunan Pertanian, Pusat Pembelajaran, Pusat Kosultasi Agribisnis, Pusat Pengembangan Jejaring Kemitraan.

Pusat  Data dan Informasi berkaitan dengan data melalui penyuluh pertanian dengan Pemetaan lahan Sawah dengan menggunakan ArcGis serta mitigasi lahan sawah dari Dinas PU, Sedangkan Informasi  yang di sampaikan  pada masyarakat petani melalui kunjungan PPL dengan sistem “ One Day One Spot” selanjutnya di publikasikan melalui Group WA, Fanpage Facebook, Bloog,  dan Chanel youtube BPP Sukolilo.

Baca juga: DPRD Apresiasi Penyelenggaraan Bimtek SDM BPP Dispertan Pati

Sementara itu, setiap PPL BPP Sukolilo mempunyai kompetensi komoditas khusus supaya setiap komoditas mampu didalami, program tersebut dengan nama PPL Spesifikasi Komoditas,  dalam pelaksanaan melalui Study Literatur/Pustaka, Study Banding, Demplot dan Kaji Terap.

Selanjutnya, Pusat Pembelajaran melalui Training, Breaving kinerja , Zoom Meeting Desiminasi Teknologi, Demplot, Demfarm, DemCar, dan Getar Dilan (Gerakan Tanam Sekitar di Lahan Pekarangan) . Sedangkan, Pusat Kosultasi Agribisnis melalui PPL Spesifikasi Komoditas serta Team work ADMIN yang semangat semoga bisa meningkatkan Pelayanan pada  Pelaku Utama dan Pelaku Usaha yang datang ke BPP Sukolilo dalam berkonsultasi.

Tentang Penulis: Redaksi

Gambar Gravatar
Redaksi Mitrapost.com

Berita Terkait