oleh

Video : Tiga Desa Gagal Gelar Pilkades, Komisi A DPRD Pati Beri Catatan

Pati, Mitrapost.com – Komisi A Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pati memberikan catatan kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati tentang pelaksaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) 2021 ini.

Ketua Komisi A DPRD Kabupaten Pati Bambang Susilo mengatakan pihaknya akan mengevaluasi dan memberikan rekomendasi terkait Pilkades yang awalnya direncanakan digelar di 219 desa ini.

Terlebih tiga desa dipastikan gagal menggelar Pilkades tahun ini. Gagalnya Pilkades di tiga desa di Kabupaten Pati lantaran ada bakal calon (balon) mengundurkan diri sehingga bakal calon tinggal satu.

Padahal berdasarkan regulasi, minimal calon kepala desa berjumlah dua orang dan maksimal lima calon.

“Kita akan evaluasi, dari DPRD akan memberikan rekomendasi agar kejadian mundur sebelum penetapan ini tidak terjadi lagi,” ujar Bambang saat ditemui di Pendopo Kabupaten Pati, selepas menghadiri acara Penandatangan Pilkades Damai.

“Nanti diatur di tahapan-tahapannya. Nanti akan kita sampaikan di bagian hukum agar peluang untuk mundur sebelum ditetapkan itu menjadi calon tidak terjadi lagi,” lanjut politisi asal Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini.

Bambang mengatakan, desa-desa yang batal menggelar Pilkades pada tahun ini akan dijadwalkan pada pagelaran Pilkades di tahun mendatang.

“Jadi sudah disampaikan untuk desa yang batal pilkades untuk diikutkan dalam tahapan pilkades serentak berikutnya,” tandas Bambang.

Tentang Penulis: Redaksi Video

Gambar Gravatar
Tim Redaksi Khusus Video dan Konten

Berita Terkait