Video : Tingkatkan Produksi Tebu Batangan, Dispertan Bakal Bongkar Ratoon

Pati, Mitrapost.com – Dinas Pertanian dan Peternakan (Dispertan) Kabupaten Pati berupaya melakukan program bongkar ratoon. Hal tersebut bertujuan untuk meningkatkan produksi tebu batangan di wilayah Kabupaten Pati.

Program bongkar ratoon merupakan pemeliharaan kebun benih datar yang diinisiasi oleh Kementerian Pertanian (Kementan) Republik Indonesia dan merupakan program lanjutan sejak 2020.

Secara teknis bongkar ratoon dilakukan dengan mengganti tanaman tebu yang kurang berkualitas dengan benih tanaman tebu baru. Tujuannya agar mampu meningkatkan produksi tebu batangan yang lebih produktif dan bersertifikat.

Kepala Bidang (Kabid) Perkebunan Dispertan Pati, Gunawan mengungkapkan jika tingkat produksi tebu di Kabupaten Pati mengalami penurunan dalam kurun waktu tiga tahun terakhir. Sehingga menurutnya, perlu ada langkah yang harus dilakukan supaya produktivitas tebu di Pati bisa segera stabil, bahkan meningkat.

Baca Juga :   Video : Di Pati Pencairan Bantuan Kuota Kemendikbud Sudah Terealisasi

“Produksi tebu batangan masih rendah. Hal ini disebabkan minat petani yang masih minim dalam membudidayakan tebu. Selain itu, pengetahuan terkait budidaya tebu juga masih rendah,” ungkap Gunawan, Senin (22/3/2021).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati