Membersihkan Telinga Tanpa Cotton Bud

Mitrapost.com Cotton bud atau pengorek kuping menjadi alat andalan untuk membersihkan kotoran telinga. Tapi membersihkan telingga menggunakan cotton bud ini justru dapat berakibat fatal jika salah dalam penggunaannya.

Melansir Alo Dokter, benda berwarna kuning pada telinga sebenarnya bukanlah kotoran telinga. Ia adalah ear wax yang merupakan produksi alami dari kelenjar minyak di liang telinga. Keberadaan ear wax ini justru berfungsi melindungi telinga, memerangkap debu, menghambat pertumbuhan kuman, serta menjaga agar air tidak masuk ke dalam telinga.

Selain menghambat benda asing masuk ke dalam telinga, rupanya telinga mampu membersihkan dirinya. Yakni ketika kita berbicara, mengunyah serta aktivitas yang menggerakkan rahang. Ear wax akan keluar dengan sendirinya saat gerakan rahang membuat otot pipi bergerak.

Baca Juga :   Bahan-bahan Alami yang Sering Mejeng di Produk Skincare

Baca juga: Infeksi Telinga Dapat Mengganggu Pendengaranmu

Sedangkan membersihkan telinga dengan cotton bud, seperti ditulis oleh laman Halodoc, justru akan membuat kotoran semakin masuk ke dalam rongga telinga. Akibat jangka panjangnya jika mengendap pada bagian dalam telinga justru akan membuat kotoran menjadi keras dan menghambat sirkulasi dalam telinga yang akhirnya menimbukan gangguan pendengaran.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati