Menunda Impor Beras Usai Panen Raya Mampu Pengaruhi Psikologi Harga

Pati, Mitrapost.com Anggota Komisi B DPRD Pati, Narso, merasakan penurunan kualitas gabah panen di musim tanam pertama (MT-1) tahun ini. Turunnya kualitas gabah tersebut disebabkan oleh beberapa faktor.

Diantaranya karena curah hujan yang tinggi sehingga kandungan air di beras tinggi, hingga hama padi yang menyebabkan gabah menjadi puso.

Turunnya kualitas beras ini tentunya mempengaruhi harga beras. “Memang sangat turun drastis, saya juga menanam saya juga petani. Malah ada sebagian teman-teman untuk memulai tanam di MT 2 saja sulit di permodalan,” kata Narso, Kamis (25/3/21).

Langkah Dinas Pertanian upayakan Perum Bulog Pati dan Kostraling (Komando Strategi Pembangunan Penggilingan Padi) Pati untuk menyerap 16 ribu ton beras petani juga dianggap Narso kurang maksimal jika output yang diinginkan adalah menstabilkan harga.

Baca Juga :   Beras di Daerah Over Supply, Mengapa Impor?

Politisi dari Partai PKS itu memberikan beberapa saran kepada Pemkab Pati, dalam hal ini Dinas Pertanian, agar beras petani di daerah terserap maksimal dan dihargai tinggi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati