oleh

Menteri PUPR Dukung Taman Balekambang Sebagai Pusat Kebudayaan

Surakarta, Mitrapost.com Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI Basuki Hadimuljono mendukung pembangunan di Surakarta. Hal tersebut disampaikan Basuki saat meninjau sejumlah lokasi pembangunan Kota Surakarta pada Sabtu (27/3/2021).

Di lokasi proyek pembangunan Pasar Legi, Basuki memberikan apresiasi lantaran pembangunan berjalan lebih cepat dari yang ditargetkan. Ia mengatakan pembangunan Pasar Legi dapat selesai pada Oktober mendatang.

“Target bulan ini 20 persen, namun saat ini sudah mencapai 25 persen. Pembangunan berjalan lebih cepat, saya harapkan bulan Oktober pembangunan sudah selesai,” jelasnya.

Rencananya, Pasar Legi akan dibangun sebanyak empat blok, yakni A, B, C, dan D. Pasar akan menampung sebanyak 1.900 orang pedagang yang saat ini masih menempati pasar darurat.

Baca juga: 140 Sekolah Dilibatkan dalam Uji Coba PTM di Jateng

Didampingi Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming, Basuki juga meninjau Kawasan Ngarsopuro dan Kawasan Jalan Gatot Subroto.

“Saya ingin kawasan Ngarsopuro ini jadi Malioboronya Solo. Jadi harus ada beberapa perbaikan terutama di trotoar harus dirapikan,” ungkap Gibran.

Menteri PUPR bersama rombongan juga meninjau sejumlah titik di Taman Balekambang, seperti gedung kesenian, open stage, lahan parkir, dan kolam.

Basuki juga menyatakan siap mengakomodasi rencana revitalisasi Taman Balekambang.

“Tujuan kami adalah menjadikan Taman Balekambang sebagai pusat kebudayaan. Maka dari itu harus kita temukan dahulu roh kebudayaan yang ada disini. Kebetulan ada gedung Ketoprak yang bisa menjadi sarana pelestarian kebudayaan di Taman Balekambang,” jelas Basuki.

Baca juga: Jadi Prioritas Vaksinasi, Pedagang Pasar di Surakarta Senang

Sebelumnya, Gibran Rakabuming menyatakan ingin menjadikan Taman Balekambang sebagai Pusat Kebudayaan di Kota Solo. Ia berharap melalui revitalisasi yang didukung oleh Kementerian PUPR dapat meningkatkan daya tarik wisata Taman Balekambang sebagai pusat kebudayaan Solo.

Seperti diketahui Taman Balekambang merupakan taman peninggalan Pura Mangkunegaran. Tercatat pada 2019 lalu, jumlah pengunjung mencapai 2,6 juta orang, dan hanya kalah dari jumlah wisatawan Candi Borobudur.

Sejauh ini revitalisasi taman tersebut telah memasuki tahap awal yakni taman parkir di lahan yang berasal dari dana hibah Pemprov Jateng. Pembuatan taman parkir tersebut termasuk penataan Taman Balekambang tahap pertama.

Namun karena pandemi Covid-19, revitalisasi baru dilanjutkan menjelang akhir 2020. Tahap kedua, melanjutkan pekerjaan taman parkir. Selain parkir, tak luput dari sentuhan yakni landscape di area panggung terbuka dan sekitar tribun penonton. (*)

Baca juga: Bupati Ajak Generasi Muda Lestarikan Budaya Membaca

 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Ulfa PS

Tentang Penulis: Redaksi

Gambar Gravatar
Redaksi Mitrapost.com

Komentar

Berita Terkait