Efek Samping Pasca Vaksinasi, Dinkes Pati Nilai Wajar

Pati, Mitrapost.com – Sesuai jadwal, program vaksinasi Covid-19 sebentar lagi akan menyasar kepada warga sipil. Sejumlah orang masih khawatir mengenai reaksi atau efek setelah penyuntikan vaksin tersebut.

Kepala Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (Kabid P2P) Dinkes Pati dr Joko Leksono Widodo, MM mengatakan adanya efek samping setelah divaksin covid-19 adalah wajar.

Tubuh manusia normalnya memberikan respon terhadap benda yang datang dari luar.

Baca juga: Tinjau Vaksinasi di Surakarta, Kapolri: Tetap Laksanakan 5M

Namun, Joko menegaskan reaksi umum ini hanya berlangsung sementara. Bila lebih dari seminggu efek samping vaksin tak juga hilang, maka Dinas Kesehatan akan memberikan layanan lanjutan.

Fasilitas Pelayan Kesehatan (Fasyankes) juga selalu menyediakan mobil Ambulance sebagai tindakan preventif jika terjadi kejadian ikutan pascaimunisasi (KIPI) saat program vaksinasi berlangsung.

Baca Juga :   Perhatikan Makanan yang Dilarang Bagi Ibu Hamil

“Efek sampingnya bervariasi, tapi efek samping itu sejenak. Kemarin ada testimoni di Graha Dipo mulut kering, lemas, tidak bergairah. Itu biasa tapi cuma beberapa hari,” katanya saat diwawancara Mitrapost.com kemarin.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati