Perjalanan Poktan Wana Lestari Budidayakan Kopi Organik

Pati, Mitrapost.com Tantangan mengembangkan budidaya perkebunan kopi di Kabupaten Pati tidak selalu mulus. Salah satunya adalah perjalanan Kelompok Tani (Poktan) Wana Lestari di Desa Gunungsari, Tlogowungu.

Ketua Kelompok Tani Wana Lestari, Ngarjono, menjelaskan anggota poktan di temppatnya berjumlah 33 orang. Sebanyak 25 yang membudidayakan secara organik. Sementara 8 lainnya membudidayakan secara non organik.

“Selain kami budidaya secara sintetis, kami juga membudidayakan tanaman kopi secara organik,” ujarnya.

Pihaknya mengaku memulai budidaya kopi secara organik pada 2015. Dengan memanfaatkan lahan yang sebelumnya milik Perhutani, ia bersama anggota poktan mengolah lahan perkebunan tanpa menggunakan zat kimia.

“Karena basic kami adalah SLBAD, jadi kami mendapat lahan Perhutani untuk membuka lahan perkebunan kopi,” ujar Ngarjono.

Baca Juga :   Tak Hanya Jual Biji Kopi, Poktan Wana Lestari Juga Olah Kopi Bubuk

Baca juga: Kopi Jadi Komoditas Unggulan Petani Tlogowungu

Pada 2015, Poktan Wana Lestari difasilitasi oleh Direktorat Jendral (Dirjen) Perkebunan Kementerian Pertanian (Kementan) Republik Indonesia sebagai desa organik komoditas kopi. Kemudian pada 2018 dirinya mendapat pendampingan dari pemerintah. Selanjutnya, poktan tersebut memperoleh Sertifikasi Organik pada 2019.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati