Hal-Hal yang Memakruhkan Puasa

Mitrapost.com Puasa dalam agama Islam merupakan ibadah yang dilakukan dengan menahan diri dari makan, minum, serta hal-hal yang membatalkan puasa dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari.

Selain hal-hal yang membatalkan puasa, umat Islam juga perlu mengetahui sejumlah aktivitas yang dapat merusak puasa.

Dalam kitab Ash-Shiyaam, Ahkaam wa Aa-daab yang ditulis oleh Abdullah bin Muhammad bin Ahmad ath-Thayyar setidaknya ada sejumlah hal yang bisa membuat ibadah puasa menjadi rusak atau makruh.

Berkumur dan beristinsyaq

Saat wudu, berkumur dan beristinsyaq atau membersihkan hidung merupakan sunah. Akan tetapi saat umat Islah tengah dalam keadaan puasa kedua sunah dalam berwudu justru bisa merusak puasa.

Baca Juga :   Video : Selamat Menjalankan Ibadah Puasa (2021) - Mitrapost.com

Sebab, jika seseorang sengaja saat berkumur atau beristinsyaq hingga air masuk ke dalam perut menurut ijma’ ulama akan membuat puasanya batal sehingga harus mengganti puasanya.

Mencium

Bagi suami-istri dimakruhkan untuk melakukan ciuman ketika sedang berpuasa. Sebab hal tersebut dikhawatirkan dapat membangkitkan nafsu syahwat sehingga merusak puasa.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati

Komentar