Majukan Pertanian, BPP Sukolilo Kelola Benih Tanaman Mandiri

Pati, Mitrapost.com Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kecamatan Sukolilo bergerak untuk mewujudkan kemandirian benih pertanian. Upaya tersebut untuk memajukan wilayah binaan pertanian mengingat Kecamatan Sukolilo merupakan wilayah dengan luas areal pertanian terbesar di Kabupaten Pati.

“Kami mencoba berinovasi pertanian, yakni dengan gerakan kemandirian benih,” ungkap Koordinator BPP Kecamatan Sukolilo, Mudhori, Selasa (6/4/2021).

Di sisi lain, pengadaan benih secara mandiri itu juga dilatarbelakangi langkanya stok benih pertanian di Kecamatan Sukolilo. Ditambah, jumlah petani yang cukup banyak yakni sekitar 19.106 membuat benih pertanian tidak bisa terserap secara menyeluruh.

“Selama ini petani mendapat benih hanya dari kios pertanian. Namun, kedepan kami akan memberi penyuluhan kepada kelompok tani agar mampu menyediakan benih secara mandiri,” ujar Mudhori.

Baca Juga :   Wadul ke Dewan, Nelayan Pati: Menteri Bangga Tangkap Kapal Rakyat Sendiri

Baca juga: Dispertan Pati Masih Koordinasi untuk Siapkan Bantuan Benih Padi

Ketersediaan benih merupakan hal penting dalam mengelola usaha pertanian. Oleh sebab itu pihaknya juga bekerjasama dengan Balai Pengawasan dan Sertifikasi Benih (BPSB).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati

Komentar