oleh

Menjajaki Pasar Modern, 6 Syarat Harus Dimiliki Produk UMKM

Rembang, Mitrapost.com – Sejumlah produk UMKM dipamerkan gerai minimarket di Kabupaten Rembang. Setidaknya ada tujuh produk rumahan kini yang siap di nikmati sejumlah pengunjung Indomaret.

Ketujuh produk tersebut yakni Rengginang, Amplang, Bandeng, Krupuk, Kue sus hingga Emping jagung. Produk tersebut berasal dari sejumlah UMKM yang telah memenuhi persyaratan yang telah di tentukan.

Dalam peresmian yang dilakukan pada Kamis (8/4/2021), Bupati Rembang Abdul Hafidz berharap lebih banyak lagi pelaku UMKM yang bisa memasarkan produk di toko modern.

Baca juga: Produk Masuk Minimarket, UMKM Rembang Sambut Antusias

Tak semabarangan, UMKM harus memenuhi sejumlah syarat agar bisa menembus toko modern seperti Indomaret. Setidaknya ada 6 kriteria yang harus terpenuhi.

Syarat tersebut antara lain produk sudah terdaftar di Dinas Perindustrian, Perdagangan, dan Koperasi (Dinindakop), memiliki sertifikat halal, mencantumkan tanggal kadaluarsa, Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT), ada komposisi, dan uji kemasan.

“Mungkin saat ini baru ada 7 pruduk, namun kami sangat terbuka jika ada tambahan dari produk UMKM untuk bisa masuk ke Indomaret. Sehingga ada beragam jenis produk UMKM yang dapat di jual di Indomaret,” jelas Kepala Cabang Indomaret Gresik, Veronica Gratiawati.

Baca juga: UMKM Pati Didorong Berintegrasi dengan Pariwisata

Di sisi lain, keberhasilan UMKM Rembang tak lepas dari peranan pemkab Rembang yang terus berupaya menaungi para pelaku UMKM dengan sejumlah pelatihan. Kepala Dinindakopukm, Ahsanudin menyebut hal ini merupakan bukti keseriusan pemerintah untuk mendorong kualitas produk para pelaku UMKM di Rembang.

“Upaya kita dorong ini diantaranya ya bisa naik kelas, dan yang perlu pembinaan kita berikan pelatihan pelatihan lagi. Sehingga bisa menembus pasar modern ini ya kita anggap sudah bisa naik kelas. Ini sebagai embrio. Ini sejarah baru, dengan tujuh produk masuk sebagai percontohan UMKM yang lain. Kalau sudah masuk di Indomart ini sudah lain,” ungkap Ahsanudin. (Adv)

Baca juga: 

Jangan lupa kunjungi media sosial kami, di facebook, twitter dan instagram

Redaktur: Atik Zuliati

 

Tentang Penulis: Aziz Afifi

Gambar Gravatar
Wartawan Mitrapost.com Area Rembang dan Blora

Komentar

Berita Terkait