8 Manfaat Jeruk Nipis untuk Tubuh

Mitrapost.com– Jeruk nipis mengandung beberapa nutrisi yang baik untuk tubuh, mulai dari manfaat kesehatan hingga kecantikan.

Jeruk nipis memiliki rasa yang cukup masam, namun mampu menyegarkan tenggorokan. Biasa disajikan menjadi minuman hangat maupun dingin.

Inilah 8 manfaat jeruk nipis untuk tubuh yang dirangkum dari berbagai sumber,

Baca Juga: Khasiat Tersembunyi Minum Air Jeruk Nipis

  1. Meningkatkan kekebalan Tubuh

Jeruk nipis juga bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Karena kandungan antioksidan dan vitamin C di dalamnya.

Dengan meningkatnya sistem kekebalan tubuh, akan menjadikan badan lebih mampu melawan dan mencegah penyakit, flu, pilek, dan lain sebagainya.

Vitamin C yang terkandung di dalamnya juga mampu meningkatkan produksi sel sehat dan membunuh mikroba yang menyebabkan penyakit.

  1. Sumber antioksidan
Baca Juga :   Manfaat Teh Chamomile, Cegah Osteoporosis Hingga Jaga Daya Tubuh

Jeruk nipis mengandung senyawa aktif tinggi dan berfungsi sebagai sumber antioksidan, seperti flavonoid, limonoid, kaempferol, quercetin, dan asam karbonat.

Antioksidan juga penting untuk melindungi sel dalam tubuh untuk menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan penyakit jantung, diabetes, dan juga kanker.

Baca Juga: Khasiat Seledri, Bisa Tingkatkan Kesuburan

  1. Mengurangi risiko penyakit jantung

Jeruk nipis juga mengandung sumber magnesium dan kalium yang berfungsi untuk menjaga kesehatan jantung.

Kandungan kalium, juga berfungsi untuk menurunkan tekanan darah secara alami serta melancarkan sirkulasi darah. Dengan begitu, risiko penyakit jantung dapat diminimalisir.

Sebuah penelitian menyatakan bahwa jeruk nipis mengandung senyawa limonin yang dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah.