Wujudkan Inovasi dan Diseminasi Teknologi, BPP Sukolilo Gandeng BPTP Jawa Tengah

Pati, Mitrapost.com – Koordinator Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kecamatan Sukolilo, Mudhori mengatakan jika pihaknya berencana menjalin mitra dengan Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Jawa Tengah.

Kemitraan tersebut dinilai mampu membantu mewujudkan inovasi pertanian di Kecamatan Sukolilo. Di samping itu, pihaknya mampu mengupayakan diseminasi teknologi pertanian di daerah dengan luas pertanian terbesar di Kabupaten Pati tersebut.

“Kami tengah menjalin kemitraan dengan BPTP Jawa Tengah untuk mengatasi dinamika petani yang terjadi di lapangan,” ucapnya.

Sekadar informasi, BPTP memiliki tugas pokok melaksanakan pengkajian dan perakitan teknologi pertanian tepat guna spesifikasi lokasi.

Baca juga: Majukan Pertanian, BPP Sukolilo Kelola Benih Tanaman Mandiri

Menurutnya, petani semakin cepat dalam mengakses informasi teknologi pertanian melalui media sosial. Situasi tersebut menuntut BPP Sukolilo berupaya mewujudkan Pusat Data dan Informasi, Pusat Gerakan Pembangunan Pertanian, Pusat Pembelajaran, Pusat Kosultasi Agribisnis, Pusat Pengembangan Jejaring Kemitraan, Zoom Meeting Desiminasi Teknologi, Demplot, Demfarm, DemCar, dan Getar Dilan (Gerakan Tanam Sekitar di Lahan Pekarangan).