Bansos Disalurkan Ahli Waris, Dinsos Pati: Bukan Warisan

Pati, Mitrapost.com Kepala Bidang Pemberdayaan Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Pati, Tri Haryumi, mengatakan pihaknya masih banyak menemukan permasalahan terkait akurasi data penerima bantuan sosial. Khususnya penyaluran bansos ke ahli waris.

Kondisi ini tak jarang menimbulkan kecemburuan sosial di masyarakat. Haryumi mengingatkan warga Pati bahwa bansos bukan warisan yang harus diturunkan kepada anggota keluarga.

“Bansos bukan untuk memanjakan orang miskin tapi untuk pemberdayaan. Contoh hal PKH, harapannya anak bisa sekolah, bansosnya dibelikan sepatu, pakaian sedangkan gajinya sendiri ditabung atau dibuat usaha,” kata Haryumi, Senin (12/4/2021).

Baca juga: Bansos Dinilai Tak Sesuai, Data Kemiskinan Perlu Diperbarui

Secara regulasi bansos memang bisa diteruskan kepada ahli waris yang masih terdaftar dalam satu kartu keluarga (KK). Kendati demikian Haryumi meminta kepada penerima manfaat yang sudah mampu agar memiliki kesadaran pribadi untuk mundur dari daftar keluarga penerima manfaat. Agar masyarakat lain yang benar-benar kurang mampu bisa menggantikannya.