BMKG Ungkap Penyebab Ribuan Rumah Rusak Saat Gempa Malang 6,1 M

Mitrapost.com– Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengungkap penyebab dari rusaknya ribuan rumah dan bangunan lainnya, yang rusak akibat gempa Malang 6,1 M.

Gempa dengan kekuatan 6,1 magnitudo telah terjadi di malang (10/4/2021). Insiden tersebut menyebabkan rusaknya fasilitas yang ada.

Gempa juga berdampak di 15 kabupaten/ kota yang ada di Jawa Timur. Mulai dari Probolinggo hingga Ponorogo.

Berdasarkan data dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pada Senin (12/4/2021), ribuan rumah mengalami kerusakan, dari kerusakan ringan hingga berat.

Baca Juga: Breaking News: Gempa 6,1 Mag Mengguncang Malang

Kerusakan juga terjadi pada 179 fasilitas umum, 1361 rumah rusak ringan, 845 rumah dengan kerusakan sedang, dan 642 rumah yang rusak berat.

Baca Juga :   Surabaya Diguncang Gempa

Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati mengungkapkan, rusaknya ribuan rumah dikarenakan struktur bangunan yang tidak tahan gempa.

“Dari hasil survey dan evaluasi di lapangan banyak ditemukan struktur bangunan yang tidak memenuhi persyaratan tahan gempa. Mayoritas bangunan tidak menggunakan struktur kolom pada bagian sudutnya,” ujar Dwikorita, Rabu (14/4/2021)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Mitrapost.com  di Google News. silahkan Klik Tautan bit.ly/googlenewsmitrapost dan jangan lupa tekan tombol "Mengikuti"

Jangan lupa kunjungi media sosial kami

Video Viral

Kamarkos
Pojoke Pati