Cara Alami Meredakan Sariawan Saat Bulan Puasa

Mitrapost.com Sariawan atau stomatitis aphtosa merupakan luka peradangan yang terjadi di bibir atau bagian dalam mulut lainnya. Rasa perih yang timbul karena sariawan pun menimbulkan rasa tidak nyaman, khususnya saat makan.  Dan akan terasa lebih tidak nyaman lagi saat sedang menjalankan ibadah puasa.

Kondisi mulut yang cenderung kering saat berpuasa memicu bertambahnya jumlah bakteri penyebab sariawan. Akibatnya, selain harus mengalami rasa cekit-cekit juga bisa memicu masalah bau mulut.

Melansir laman Halodoc ada sejumlah cara alami untuk mengatasi sariawan. Berikut ulasannya:

Air garam

Cara praktis meredakan sariawan adalah menggunakan air garam untuk berkumur. Pasalnya, garam memiliki sifat antiseptic sehingga dapat membantu proses penyembuhan sariawan secara lebih cepat.

Baca Juga :   Ragam Khasiat Nanas, Kaya Antioksidan Pencegah Kanker

Baca juga: Kenali Penyebab Sariawan di Gusi dan Cara Mencegahnya

Madu

Sudah tak heran lagi kalau madu bisa menjadi obat untuk berbagai jenis penyakit. Mengoleskan madu diketahui ampuh mengatasi sariawan, sebab madu memiliki sifat antiradang dan antibakteri yang membantu mengurangi rasa perih serta mempercepat proses pemulihan sariawan.

Kelapa

Jika air kelapa biasanya banyak direkomendasikan untuk membantu mengembalikan cairan dalam tubuh, manfaat lain kelapa rupanya bisa juga untuk meredakan sariawan yang ada di lidah maupun di bibir.